Bakamla Ungkap Dampak Terburuk di RI Jika AS-China Perang

27 Jun 2020, 15:28:03 WIB Internasional
Bakamla Ungkap Dampak Terburuk di RI Jika AS-China Perang

Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya TNI Aan Kurnia menyebut ada beberapa potensi terjadi di Indonesia jika konflik di Laut China Selatan antara Amerika dan China kian memanas bahkan berujung pada perang.

Aan menjelaskan meski tak terjun langsung menjadi bagian dari peperangan, dampak buruk justru akan dihadapi Indonesia lantaran wilayah tempat kedua negara itu berperang berdekatan langsung dengan Natuna yang menjadi bagian dari wilayah Indonesia.

"Apabila perang pecah di Laut China Selatan maka Indonesia berpotensi mengalami dampak langsung," kata Aan saat menjadi pembicara dalam diskusi webinar yang diselenggarakan oleh GMNI, Jumat (26/6) malam.

Baca Lainnya :

Dampak ini antara lain kata Aan potensi kerusakan dan kehancuran wilayah Natuna akibat salah sasaran dari negara yang terlibat perang terbuka. Bukan tidak mungkin salah sasaran ini terjadi lantaran wilayah Natuna memang sangat dekat dengan area konflik.

Jika ini terjadi kata Aan, sudah barang tentu eksploitasi dan eksplorasi yang sedang dilakukan di Natuna dan perairan Natuna akan terhenti lantaran wilayah Natuna berpotensi terlokalisir.

"Dan ini akan berdampak buruk kepada kehidupan masyarakat di wilayah Natuna Utara," kata dia.

Tentu kata Aan, perang yang kemudian berujung ikut merusak tatanan yang ada di Natuna akan berdampak pada Indonesia. Bukan tidak mungkin Indonesia yang sebelumnya tak ikut terjun dalam peperangan terbuka malah ikut bertempur.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

  • Positif Corona hingga hari ini : 52.812 kasus, Meninggal: 2.720, Sembuh : 21.909

    🕔28 Jun 2020

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - Mari Berqurban
kanan - IG
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - Mari Berqurban
kanan - IG