Apa Penyebab Adanya Virus Corona? Ini Jawabannya untuk Diingat Lagi

25 Okt 2020, 05:46:40 WIB Kesehatan
Apa Penyebab Adanya Virus Corona? Ini Jawabannya untuk Diingat Lagi

Virus Corona telah menyebabkan 1,137,825 orang meninggal di seluruh dunia per 23 Oktober 2020 seperti yang dikutip dari data yang dikeluarkan Johns Hopkins University. Di Indonesia, sudah ada 13.077 orang meninggal dunia akibat virus ini.

Apa penyebab adanya virus Corona yang merenggut nyawa jutaan orang di dunia? Menurut situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes), penyebab adanya infeksi virus Corona karena coronavirus.

Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernafasan Akut Berat/ Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Baca Lainnya :

Coronavirus jenis baru yang ditemukan pada manusia sejak kejadian luar biasa muncul di Wuhan, China, pada Desember 2019. Virus ini kemudian diberi nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2), dan menyebabkan penyakit Coronavirus Disease-2019 (COVID-19).

Gejala umum COVID-19 yakni demam ≥38 derajat celcius, batuk kering, dan sesak napas. Jika ada orang yang dalam 14 hari sebelum muncul gejala tersebut pernah melakukan perjalanan ke negara terjangkit, atau pernah merawat atau kontak erat dengan penderita COVID-19, maka orang tersebut akan dilakukan penelitian seperti tes swab untuk memastikan diagnosisnya.

Situs Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, ada gejala yang sedikit tidak umum seperti sakit kepala, hilangnya indera perasa atau penciuman, ruam pada kulit, atau perubahan warna pada jari tangan atau jari kaki. Selain itu gejala serius pada COVID-19 yakni sesak napas, nyeri dada, dan hilangnya kemampuan berbicara atau bergerak.

Orang yang terkena virus Corona dapat pulih. Namun bagi orang yang berusia lanjut, dan orang-orang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya (seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung), mereka biasanya lebih rentan atas virus ini.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 522.581
    Sembuh : 437.456
    Meninggal : 16.521
    Dirawat : 68.604

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia