Anies Ingin Jalur Tol Dibuka untuk Pesepeda, Simak Kisaran Harga Sepeda Balap

29 Agu 2020, 20:54:11 WIB Gaya Hidup
Anies Ingin Jalur Tol Dibuka untuk Pesepeda, Simak Kisaran Harga Sepeda Balap

Gambar udara Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono, Jakarta, Jumat 28 Agustus 2020. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengusulkan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk penyediaan satu ruas jalan sepeda di Tol Lingkar Dalam Jakarta (Cawang-Tanjung Priok) sisi barat mulai di Kebon Nanas sampai dengan ke arah Priok. Adapun peruntukan jalur sepeda di ruas jalan tol sekitar 12 kilometer tersebut hanya sepeda roda bike atau sepeda balap. Sebelumnya, beredar surat resmi atas izin pemanfaatan satu ruas jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta (Cawang-Tanjung Priok) sisi barat tersebut yang tertuang dalam dalam surat bernomor 297/-1.792.1 oleh Anies Baswedan. 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana memberikan akses bagi pengemudi (pesepeda) sepeda balap atau road bike melaju di ruas jalan tol dalam kota yang membentang dari Kebon Nanas sampai dengan Tanjung Priok sepanjang 20 kilometer. Rencana ini disambut oleh pengelola jalan tol, PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP).

“Jika sudah diizinkan, kami akan siap support (dukung) karena kami yakin tujuan Pak Gubernur adalah memberi manfaat bagi warga Jakarta untuk menikmati sepeda di jalur yang aman dan nyaman. Pada prinsipnya kami mendukung jika untuk kepentingan bersama dan orang banyak,” tutur Chief Executive Officer (CEO) CMNP Fitria Yusuf saat dihubungi Tempo, Jumat, 28 Agustus 2020.

Baca Lainnya :

Menurut Fitria, pembukaan jalur tol bagi pesepeda akan memperhatikan protokol keamanan dan keselamatan pengguna jalan. Pembukaan jalur untuk sepeda pun hanya dilakukan di jam tertentu saat Hari Minggu.

Ide untuk memberikan akses pesepeda di jalan tol muncul seiring dengan meningkatnya tren gowes. Merujuk data Pemprov DKI Jakarta 20-26 Juli 2020, ada sebanyak 82.380 pesepeda melintas di jalan raya dengan rata-rata kenaikan volume 15 persen. 

Bila masyarakat ingin turut membeli sepeda balap alias road bike sebagai langkah ancang-ancang sebelum tol dibuka, berapa rata-rata harganya?

Dari pelbagai situs penjualan sepeda, road bike ditawarkan dengan harga beragam mulai Rp 5 juta hingga puluhan juta. Setidaknya ada tiga merek sepeda yang menjual tipe road bike dengan rentang harga variatif, yakni Polygon, Pacific, dan United.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 282.724
    Sembuh : 210.437
    Meninggal : 10.601
    Dirawat : 61.686

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia