Ahli IT Ungkap Kans Celah Jutaan Data Pasien Bocor di Server Kemenkes

07 Jan 2022, 14:01:43 WIB Teknologi
Ahli IT Ungkap Kans Celah Jutaan Data Pasien Bocor di Server Kemenkes

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) masih menyelidiki dugaan jutaan data pasien bocor di server Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Ahli informasi dan teknologi (IT) mengatakan, perlu dilakukan forensik digital untuk mengetahui celah keamanan yang diterobos.

“Apakah dari sisi Structured Query Language (SQL), sehingga diekspos SQL Injection atau ada celah keamanan lain,” kata Peneliti Keamanan Siber Communication Information System Security Research Center (CISSReC) Pratama Persadha kepada Katadata.co.id, Jumat (7/1).

SQL adalah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang dirancang untuk aplikasi dengan arsitektur klien atau server.

Baca Lainnya :

Sedangkan celah keamanan lain yang dimaksud bisa seperti adanya compromised dari akun administrator yang berpotensi dimanfaatkan oleh peretas (hacker) untuk masuk ke dalam sistem.

“Merujuk pada kasus kebocoran Indonesian Health Alert Card atau eHAC lalu, Kemenkes memang lemah dari sisi penjagaan infrastruktur IT. Ini membuka peluang kemungkinan banyak lubang keamanan yang dimanfaatkan oleh hacker,” kata dia.

Menurutnya, salah satu kekurangan yang cukup serius yakni tata kelola manajemen keamanan siber yang masih lemah. Dalam kasus eHAC Kemenkes, tim IT tidak merespons dua kali pelaporan kebocoran data.

Setelah laporan dilakukan ke Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dalam waktu dua hari sistem eHAC di takedown. “Ini pun seharusnya bisa dilakukan langkah segera dalam hitungan jam,” katanya.


Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.277.644
    Sembuh : 4.121.117
    Meninggal : 144.199
    Dirawat : 12.328

Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com