4 Adab Menyembelih Hewan Kurban Menurut Ustaz Adi

08 Jul 2022, 08:33:39 WIBDunia Islam
4 Adab Menyembelih Hewan Kurban Menurut Ustaz Adi

(UAH) menyampaikan tips adab menyembelih hewan kurban. Penjelasan ini disampaikan UAH dalam jaringan Youtube yang dilansir berbagai akun salah satunya Qur’an Shidiq. UAH menyebut setidaknya ada 4 adab menyembelih hewan kurban.

1. Hadapkan hewan ke arah kiblat Seorang sahabat Rasulullah berkata bahwa ia sering kali melihat Rasulullah SAW setiap kali menyembelih hewan kurban menghadapkan hewannya ke arah kiblat.

Penjelasan Ustaz Adi Hidayat ini selaras dengan apa yang disebutkan dalam kitab Mausu’ah Fiqhiyah Kuwaitiyah, 21: 196: Hewan yang hendak disembelih dihadapkan ke kiblat pada posisi tempat organ yang akan disembelih (lehernya) bukan wajahnya. Karena itulah arah untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Baca Lainnya :

Menurut Fuad Zein, Ketua Divisi Fatwa dan Pengembangan Tuntunan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah , cara yang tepat untuk menghadapkan hewan ke arah kiblat ketika menyembelih adalah dengan memposisikan kepala di Selatan, kaki di Barat, dan leher menghadap ke Barat.

“Karena organ itu kebanyakan berada di posisi sebelah kiri, sehingga lebih nyaman dibaringkan sebelah kiri, sehingga kalau dibaringkan ke sebelah kanan, karena organ banyak di sebelah kanan maka nanti organ akan menindih sebelah kiri, nanti dikhawatirkan akan mempengaruhi diafragma,” jelas Fuad Zein.

Fuad menambahkan, adab lainnya adalah membaringkan hewan yang akan disembelih di atas lambung sebelah kiri. Imam an-Nawawi dan para ulama sepakat, bahwa cara membaringkan hewan yang benar adalah ke arah kiri. Karena ini akan memudahkan penyembelih untuk memotong hewan dengan tangan kanan dan memegangi leher dengan tangan kiri.

2. Tujukan untuk siapa kurban tersebut Menurut Ustaz Adi Hidayat, Jika untuk perorangan maka katakanlah untuk perorangan. Jika untuk satu keluarga diperbolehkan. "Tak masalah jika berkecukupan untuk kurban per orang di satu keluarga," tuturnya.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook