Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Serangan Balasan Turkiye | Timur Tengah di Ambang Perang Skala Penuh

Oktober 25, 2024 Last Updated 2024-10-25T03:20:20Z


Berita mengenai serangan balasan dari Turkiye kepada PKK di Irak dan Suriah, memuncaki daftar Populer Global saat ini.


Sedangkan di bawahnya Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa Timur Tengah kini di ambang perang skala penuh.


Berita lainnya yang banyak dibaca di kanal Global Kompas.com adalah pemeran Tarzan bernama Ron Ely meninggal dunia di usia 86.


Selengkapnya, berikut rangkuman daftar Populer Global edisi Kamis (24/10/2024) hingga Jumat (25/10/2024) pagi yang dapat disimak:


1. Turkiye Balas Serangan di Industri Dirgantara, Gempur Milisi PKK di Irak dan Suriah


Turkiye pada Rabu (23/10/2024) menyerang milisi Kurdi di Irak dan Suriah, setelah menyalahkan mereka dalam serangan di pusat industri dirgantara dekat Ibu Kota Ankara yang menewaskan lima orang.


Menurut Pemerintah Turkiye, sangat mungkin serangan yang juga melukai 22 orang ini dilakukan oleh Partai Pekerja Kurdistan (PKK).


PKK masuk daftar teroris oleh Turkiye dan para sekutunya di Barat. Kelompok ini selama puluhan tahun memberontak melawan Turkiye, dan memiliki sejumlah pangkalan di wilayah Kurdi Irak dan Suriah.


Artikel selengkapnya bisa dibaca di sini.


2. Vladimir Putin: Timur Tengah di Ambang Perang Skala Penuh


Pada pertemuan puncak BRICS, Kamis (24/10/2024), Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa Timur Tengah berada di ambang perang skala penuh.


Ia menyatakan, perang Israel-Hamas di Gaza kini menyebar ke wilayah Lebanon dan menjadi perang Israel-Hizbullah.


"Aksi militer yang dimulai setahun lalu di Gaza kini telah menyebar ke Lebanon. Negara-negara lain di kawasan itu juga terkena dampaknya," kata Putin dalam sebuah pertemuan di Kazan yang dihadiri oleh beberapa pemimpin dunia.


Artikel selengkapnya bisa dibaca di sini.


3. Pemeran Tarzan, Ron Ely Meninggal di Usia 86


Aktor dari Amerika Serikat (AS) Ron Ely yang terkenal karena memerankan tokoh Tarzan di acara televisi tahun 1960-an meninggal dunia di usia 86.


Dulu, serial televisi itu cukup terkenal dan ditayangkan di jaringan televisi NBC dari 1966-1968.


Selama masa itu aktor tersebut mengalami patah tulang dan dilaporkan telah diserang oleh binatang saat melakukan aksinya sendiri.


Artikel selengkapnya bisa dibaca di sini.


4. Pengamat: Menlu Sugiono Penunjukan Tepat oleh Prabowo


Keinginan Presiden Prabowo Subianto untuk terlibat sangat aktif dalam panggung internasional tersirat dalam penunjukan kader Gerindra, Sugiono, sebagai menteri luar negeri, ujar sejumlah pengamat.


Untuk kali pertama sejak 2001, jabatan nomor satu di kementerian yang berpusat di Jalan Taman Pejambon, Jakarta Pusat, itu dipegang seseorang yang bukan berasal dari diplomat karier.


Sugiono, yang baru berusia 45 tahun itu dikenal sebagai orang dekat Prabowo.


Artikel selengkapnya bisa dibaca di sini.


5. AS Sebut Ada 3.000 Tentara Korea Utara di Rusia, Berangkat Naik Kapal


Amerika Serikat (AS) pada Rabu (23/10/2024) mengatakan, setidaknya 3.000 tentara Korea Utara dikerahkan ke Rusia dan berlatih di sana.


"Kami menilai bahwa antara awal sampai pertengahan Oktober, Korea Utara mengerahkan setidaknya 3.000 tentara ke Rusia timur," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, John Kirby, dikutip dari kantor berita AFP.


Ia menambahkan, pasukan tersebut berangkat naik kapal dari Korea Utara menuju Kota Vladivostok di Rusia, berlanjut ke beberapa lokasi latihan milter di Rusia timur, lokasi mereka menjalani pelatihan saat ini.

×