Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Profil Pahlawan Revolusi, R Suprapto

Oktober 02, 2024 Last Updated 2024-10-02T04:13:41Z


Salah seorang pahlawan revolusi, yakni mereka yang gugur dalam pemberontaan G30S/PKI, adalah Letnan Jenderal Raden Suprapto. Perwira militer ini lahir di Purwokerto (Jawa Tengah), pada 20 Juni 1920. Putra pasangan Raden Pusposeno dan Raden Ajeng Alimah ini tumbuh di keluarga yang religius.


Seperti dilansir laman resmi Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), R Suprapto mulai tertarik pada dunia militer saat menempuh pendidikan menengah. Usai menyelesaikan studi di AMS (selevel SMA kini), ia memasuki pendidikan militer pada Koninklijk Militaire Akademie (KMA) di Bandung (Jawa Barat).


Namun, belum sempat menyelesaikan pendidikannya, balatentara Jepang berhasil menduduki Indonesia. Suprapto ikut ditangkap dan ditawan Dai Nippon karena menjadi bagian dari taruna Akademi Militer Belanda.


Tidak lama ditawan Jepang, Suprapto berhasil melarikan diri dari penjara dan kembali ke Purwokerto. Selanjutnya,ia mengikuti kursus Cuo Seinen Kunrensyo (Pusat Latihan Pemuda) dan bekerja di kantor pendidikan masyarakat desa Banyumas.


Dalam masa ini, ia bertemu dengan Sudirman, yang kelak akan menjadi Panglima Besar TNI. Selama pendudukan Jepang, Suprapto aktif mengikuti pelatihan-pelatihan kepemudaan yang semi militer, seperti Keibodan, Seinendan, dan Suisyintai.


Pada masa revolusi kemerdekaan Indonesia, Suprapto bergabung dengan gerakan pemuda di Cilacap untuk merebut gedung-gedung dan persenjataan yang dikuasai pasukan Jepang. Ketika Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dibentuk pada 5 Oktober 1945, ia pun bergabung di dalamnya. Jabatan pertamanya adalah kepala Bagian II Divisi V TKR Purwokerto dengan pangkat kapten.


Kapten Suprapto ikut mendamping Komandan Divisi V, Kolonel Sudirman, dalam peristiwa Palagan Ambarawa pada Desember 1945. Dengan keberhasilan serangan di Ambarawa, Pak Dirman diangkat menjadi Panglima Besar TKR.


Selanjutnya, Kapten Suprapto diangkat menjadi ajudan Jenderal Sudirman. Ia lalu menikah dengan seorang gadis asal Cilacap, Julie Suparti.


Pada 1948, Suprapto diangkat menjadi kepala bagian II Markas Besar Komando Djawa (MBKD), yang saat itu diketuai Kolonel Abdul Haris Nasution. Ketika Pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) pecah di Madiun, ia pun turut dalam operasi penumpasan kup tersebut.


Sesudah penyerahan kedaulatan RI pada 1949, Suprapto yang sudah berpangkat letnan kolonel menjadi kepala Bagian II di Staf Umum Angkatan Darat Jakarta. Setahun kemudian, ia dipercaya sebagai Asisten I Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dengan merangkap jabatan sebagai wakil KSAD.


Pada Juli 1963, pangkatnya naik menjadi mayor jenderal. Seperti umumnya para perwira tinggi AD, ia dengan tegas menolak pembentukan "Angkatan Kelima", yang disponsori oleh PKI.


Pada siang hari tanggal 30 September 1965, Mayjen Suprapto mencabut giginya yang sakit. Pada malam harinya, ia tidak bisa tidur karena rasa sakit masih terasa.


Untuk mengisi waktu, malam itu Suprapto melukis dan juga membuat sketsa rencana pembangunan gedung rumah sakit tentara.


Sementara itu, satu peleton resimen Cakrabirawa yang dipimpin Serda Sulaiman dan satu kelompok sukarelawan PKI telah mempersiapkan diri di Lubang Buaya, Jakarta Timur, untuk menculik Mayjen Suprapto. Pada pukul 03.00 dini hari tanggal 1 Oktober 1965, mereka menuju rumah perwira AD tersebut di Jalan Besuki No 19 Jakarta dengan menggunakan satu unit truk.


Pada pukul 04.30 WIB, pasukan penculik sampai ke rumah tujuan. Gonggongan anjing tetangga membangunkan Mayjen Suprapto yang segera menuju pintu dan menanyakan pasukan yang datang tersebut.


Dari luar terdengar jawaban “Cakrabirawa” yang membuat Mayjen Suprapto membukakan pintu. Serda Sulaiman sebagai komandan pasukan penculik menjelaskan bahwa Mayjen Suprapto diminta "menghadap presiden saat itu juga."


Mayjen Suprapto bersedia dan meminta Serda Sulaiman menunggunya untuk berganti baju, karena saat itu ia masih menggunakan piyama dan sarung. Para penculik melarangnya dengan kasar.


Beberapa penculik lalu memegangi tangannya dan menaikkannya secara paksa ke dalam truk. Mereka membawa Mayjen Suprapto ke Lubang Buaya.


Akhirnya, pada 4 Oktober 1965, ketujuh jasad ditemukan di Lubang Buaya. Keesokan harinya, bertepatan dengan hari ulang tahun ke-20 Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI), para perwira yang gugur--termasuk Suprapto--dimakamkan dalam satu upacara kebesaran militer di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta.

×