Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Mengapa Kucing Suka Naik ke Atas Lemari? Ini 5 Alasannya

Oktober 18, 2024 Last Updated 2024-10-18T03:30:54Z


Kucing adalah hewan yang suka naik ke beberapa perabotan, seperti lemari, meja, atau tempat tidur.


Kucing memang peliharaan yang punya perilaku tidak biasa, dan naik ke tempat tinggi, termasuk lemari, adalah salah satunya.


Meski terlihat aneh, bertengger dari tempat tinggi adalah perilaku yang sangat umum dan instingtual bagi kucing peliharaan.


Lantas, mengapa kucing suka naik ke atas lemari?


Kucing menyukai tempat tinggi


Kucing memiliki kebutuhan instingtual untuk mengamati dunianya dari ketinggian karena mereka adalah pemangsa bagi hewan kecil dan target bagi hewan yang lebih besar.


Dikutip dari the Spruce Pets, tempat tinggi tinggi dapat memberi kucing titik pandangan yang lebih baik tentang mangsa potensial.


Hal itu juga memungkinkan mereka melihat predator datang sehingga memberi mereka perlindungan dari hewan yang lebih besar.


Meski sebagian besar kucing peliharaan tidak perlu berburu dan diburu predator, naluri bertengger di tempat tinggi tertanam kuat dalam susunan biologis dan evolusioner mereka.


Jika Anda memiliki beberapa kucing di rumah, berada di titik tertinggi sebenarnya bisa menjadi simbol status bagi mereka.


Kucing dengan posisi tertinggi dan titik pandang "terbaik" biasanya dianggap sebagai kucing dominan.


Alasan umum kucing suka naik ke atas lemari


Dilansir dari laman Catster, berikut beberapa alasan mengapa kucing peliharaan suka naik ke lemari atau tempat tinggi lainnya:


1. Menghadirkan rasa aman


Kucing Anda adalah makhluk yang sensitif, dan ada beberapa hal yang bisa membuat mereka merasa terancam dan membuatnya merasa cemas.


Saat stres atau ketakutan terhadap potensi ancaman memengaruhi kucing peliharaan, mereka mungkin mencari kenyamanan dan keamanan di tempat yang tinggi.


Selain itu, berada di tempat yang tinggi memungkinkan mereka memiliki perspektif yang lebih baik terhadap segala sesuatu yang terjadi di wilayah mereka.


2. Memperkuat status kucing


Kucing memperkuat posisi mereka dengan mengamankan tempat tertinggi, termasuk lemari atau pohon kucing di rumah Anda.


Dengan kata lain, kucing yang berada di tempat tertinggi di rumah adalah kucing yang paling dominan.


3. Naluri alamiah kucing


Meski kucing domestik tidak lagi hidup liar, mereka masih memiliki naluri dari nenek moyang mereka yang hidup di alam bebas.


Sehingga kucing tetap memiliki naluri untuk tetap di tempat tinggi dan bersembunyi untuk mengintai mangsanya dan mencegah serangan dari pemangsa potensial.


4. Membantu kucing tidur lebih baik


Anda mungkin tidak mengira bahwa tempat tidur kucing akan memengaruhi kualitas tidurnya, tetapi kenyataannya memang demikian.


Saat kucing Anda tidur di kursi di ruang tamu, mereka mungkin mengalami terlalu banyak kebisingan dan keributan.


Meringkuk di suatu tempat yang tinggi, seperti di atas lemari, dan jauh dari bagian rumah lainnya akan membantu kucing tidur dengan nyenyak dan nyaman.


5. Mengatur panas tubuh


Saat suhu udara naik, terutama di musim dingin, banyak kucing memanjat sesuatu yang tinggi untuk mencapai suhu hangat saat mereka tidur.


Ini membantu mereka tetap hangat di bulan-bulan musim dingin. Sementara di bulan-bulan musim panas, Anda mungkin melihat kucing Anda lebih sering tidur di lantai untuk udara yang lebih dingin.

×