Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

FIFA dan AFC Buka Suara Soal Laga Timnas Indonesia vs Bahrain,Soroti Gol Telat di Menit 99

Oktober 14, 2024 Last Updated 2024-10-14T07:21:11Z


FIFA dan AFC buka suara soal laga Timnas Indonesia vs Bahrain, termasuk menyoroti gol telat di menit 99.


Dalam laga Timnas Indon esia vs Bahrain pada Kamis (10/10/2024) malam banyak keputusan wasit yang kontroversi dan bisa diperdebatkan.


Namun, FIFA hanya memuji bagaimana kedua tim memberikan permainan yang menghibur.  


Bahrain yang tampak memegang kendali penuh memamaksa Timnas Indonesia untuk menyamakan kedudukan di akhir babak pertama.


"Timnas Indonesia kemudian unggul setelah Rafael Struick melepaskan tendangan melengkung yang luar biasa dan dari dalam area penalti," kata FIFA di laman resminya.


FIFA menyinggung pertandingan antara Bahrain dan Timnas Indonesia diwarnai oleh drama di penghujung pertandingan.


"Terjadi drama di akhir pertandingan, Marhoon memanfaatkan umpan dari tiang belakang untuk menyamakan kedudukan," tulis FIFA.


Terkait gol kontroversi di menit tambahan waku yang melebih ketentuan, mengacu FIFA Laws Of The Game 2024/2025 yang dirilis International Football Association Board (IFAB), bahwa wasit memiliki kewenangan penuh untuk menegakkan peraturan permainan yang berhubungan dengan pertandingan.


FIFA Laws Of The Game juga menyatakan bahwa keputusan wasit akan dibuat sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan permainan dan semangat permainan, serta juga didasari pendapat wasit yang memiliki kewenangan untuk mengambil keputusan yang tepat.


Pada bagian lain, FIFA Laws Of The Game menyatakan keputusan wasit mengenai fakta yang berhubungan dengan permainan, termasuk gol yang dicetak atau tidak dan hasil pertandingan, bersifat final.


Keputusan wasit, dan semua ofisial pertandingan lainnya, harus selalu dihormati.


Soal tambahan waktu, berdasarkan aturan FIFA nomor 7 poin 3, tertulis bahwa wasit bisa memberikan tambahan waktu karena kondisi tertentu, mulai dari pergantian pemain, pemain buang-buang waktu hingga pemain cedera.


FIFA dalam peraturan pertandingan menyatakan bahwa waktu tambahan dapat ditambah oleh wasit tapi tidak dikurangi.


Sementara laman AFC yang dilansir Bangkapos.com pada Sabtu (12/10/2024) lebih mengulas laga Bahrain vs Indonesia.


Bahrain menyamakan kedudukan pada menit kesembilan tambahan waktu di akhir babak kedua saat Indonesia meraih hasil imbang ketiga berturut-turut setelah sebelumnya menahan imbang Arab Saudi dan Australia dalam laga debut mereka.


"Bahrain mengawali pertandingan dengan unggul terlebih dahulu pada menit ke-15, Mohamed Marhoon melepaskan tendangan bebas keras dari jarak hampir 35 yard yang mengenai mistar gawang sebelum melintasi garis gawang dengan penjaga gawang Indonesia Maarten Paes yang terpaku di tempatnya," tulis AFC.


Didorong oleh gol tersebut, Marhoon memiliki upaya lain dari luar kotak penalti pada menit berikutnya, tetapi kali ini bola melambung tipis di atas mistar.


Babak pertama sebagian besar dikuasai oleh tim tuan rumah dengan tendangan melengkung kaki kiri manis Ali Madan yang berhasil ditepis oleh Paes pada menit ke-39 sebelum sundulan Amine Benaddi dua menit kemudian melebar tipis.


Namun, Indonesia justru menghasilkan momen terbaiknya di pertandingan tersebut pada menit ketiga tambahan waktu ketika pertahanan Bahrain yang lemah membuat Ragnar Oratmangoen mampu menyambar bola liar menyusul sundulan Sandy Walsh, dengan sang gelandang mengecoh kiper Ebrahim Lutfalla untuk memberikan dorongan besar bagi tim Asia Tenggara tersebut menjelang turun minum.


Pelatih kepala Shin Tae-yong membuat perubahan pada tim Indonesia saat mereka tampil kembali di babak kedua, dengan Rizky Ridho menggantikan Jordi Amat sementara Eliano Reijnders diberikan debut internasionalnya menggantikan Walsh.


Melihat Indonesia unggul, Dragan Talajic merespons dengan tiga pergantian pada menit ke-65 dengan memasukkan Mahdi Humaidan, Husain Abdulkarim, dan Sayed Dhiya.


Hal itu tidak membuat perbedaan saat Indonesia unggul pada menit ke-74 melalui Oratmangoen yang dengan cekatan mengendalikan bola muntah hasil sapuan Jay Idzes di garis tengah lapangan sebelum bola akhirnya sampai ke Rafael Struick, yang melepaskan tembakan melengkung yang menakjubkan melewati Lutfalla.


Bahrain berupaya sekuat tenaga untuk mencari gol penyeimbang dan akhirnya berhasil mendapatkannya pada menit kesembilan waktu tambahan, ketika Marhoon menceploskan bola dari jarak dekat memanfaatkan tendangan sudut.


"Gol Bahrain di menit-menit akhir menit ke 99 menggagalkan kemenangan perdana Indonesia saat kedua tim bermain imbang 2-2 dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026," tulis AFC.


Timnas Indonesia pun kini di peringkat 5 Klasemen Grup C Kualiafikasi Piala Dunia mengoleksi 3 poin.

×