Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Apa Bedanya Kakao, Kokoa, dan Cokelat?

Oktober 01, 2024 Last Updated 2024-10-01T02:17:01Z


Istilah kakao (cacao) dan kokoa (cocoa) kadang membingungkan. Keduanya berhubungan dengan cokelat, penulisannya pun mirip.


Meski demikian, kakao, kokoa, ditambah dengan cokelat, adalah tiga istilah dengan arti berbeda.


Menurut Direktur Kalimajari, pendamping Koperasi Kakao Kerta Semaya Samaniya (KSS) Bali, Agung Widiastuti, mudah membedakan kakao dan cokelat.


Kakao berarti pohon cokelat yang biji buahnya digunakan sebagai bahan baku cokelat, sedangkan cokelat merupakan hasil olahannya.


"Kalau benar-benar mentah (raw beans), kami (petani) menggunakan istilah kakao," ujar Agung saat ditemui Kompas.com dalam peresmian pabrik Pipiltin Cocoa di Gunung Sindur di Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/7/2024).


"Sementara itu, cokelat disebut sebagai 'cokelat' kalau sudah ada campuran. Namanya bukan lagi cacao bar atau cocoa bar. Berganti nama jadi cokelat," terang dia.


Kakao yang sudah melewati proses fermentasi, pemilahan, pelelehan, sampai campuran bahan lain berupa cokelat, gula, kacang, maupun karamel, akan berubah menjadi cokelat.


Perubahan kakao menjadi cokelat juga bisa dilihat dari bentuknya. Kakao yang tadinya berbentuk buah dan biji, akan berubah menjadi cokelat batangan, bubuk, atau drops.


Lalu, apa itu cocoa?


Berbeda dengan kakao dan cokelat yang mudah dibedakan, sulit mengartikan istilah kokoa secara rinci.


Secara sederhana, Agung menggambarkan kokoa sebagai kakao yang sudah diproses dan biasanya dijual dalam bentuk bubuk untuk minuman.


"Jarang ada yang menggunakan istilan kokoa. Kokoa berarti sudah ada proses lanjutan, dari kakao ke cokelat," jelas Agung.


"Ada proses yang bisa dinikmati, sudah tidak dalam bentuk mentah. Ada cocoa nibs, cocoa drink," tambah dia.


Namun, ada juga yang menyamakan istilah kokoa dan cokelat. Kokoa digambarkan sebagai hasil olahan kakao.

×