Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

7 Minuman Rendah Kalori untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

Oktober 24, 2024 Last Updated 2024-10-24T06:28:11Z

 Minuman rendah kalori dapat berperan penting dalam penurunan berat badan. 


Minuman ini dapat membantu Anda tetap terhidrasi, yang sangat penting untuk pencernaan dan metabolisme. 


Selain itu, tetap terhidrasi dapat membantu Anda merasa lebih kenyang, sehingga lebih mudah menahan keinginan untuk makan camilan yang tidak sehat.


Minuman seperti air lemon dan kopi hitam mengandung senyawa yang dapat meningkatkan metabolisme dan membantu Anda membakar lebih banyak kalori. 


"Dengan mengganti minuman berkalori tinggi dengan alternatif yang lebih sehat ini, Anda dapat mengurangi asupan kalori secara keseluruhan, yang membantu penurunan berat badan," kata ahli gizi Vidhi Chawla. 


Minuman Rendah Kalori untuk Menurunkan Berat Badan


Dilansir HealthShots, berikut ini beberapa minuman rendah kalori yang bagus untuk membantu menurunkan berat badan. 


1. Infused water buah dan rempah-rempah


Air yang dicampur dengan buah-buahan dan rempah-rempah adalah cara yang fantastis untuk mendukung penurunan berat badan. 


Meskipun air putih penting untuk tetap terhidrasi, menambahkan irisan buah-buahan seperti lemon, mentimun, atau beri membuatnya lebih beraroma dan lezat. 


Anda juga dapat mencampurkan rempah-rempah segar seperti mint atau basil untuk sentuhan yang lebih menyegarkan. 


"Infusi yang lezat ini tidak hanya mendorong Anda untuk minum lebih banyak air tetapi juga menyediakan vitamin dan antioksidan penting."


"Menjadikannya cara yang sederhana namun efektif untuk mendukung penurunan berat badan dan kesehatan secara keseluruhan," kata Chawla.


2. Jus sayuran


Jus sayuran segar seperti yang terbuat dari tomat, mentimun, seledri, atau sayuran hijau adalah pilihan terbaik. 


Rendah kalori dan kaya serat, jus ini membantu meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan kalori secara keseluruhan. 


Jus ini mudah disiapkan di rumah dan kandungan airnya yang tinggi dapat membuat Anda tetap terhidrasi dan dapat menahan keinginan untuk makan. 


Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Scientific Reports, jus sayuran dapat meningkatkan metabolisme dan mendukung kesehatan pencernaan. 


Sehingga lebih mudah untuk menghilangkan kelebihan berat badan. 


3. Teh hijau


Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan dan katekin, yang dapat mempercepat metabolisme dan pembakaran lemak, terutama selama berolahraga, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Cochrane Database of Systematic Reviews . 


Selain itu, teh hijau adalah minuman bebas kalori jika dikonsumsi tanpa gula atau madu, dan bahkan dapat memberi Anda sedikit dorongan energi berkat kandungan kafeinnya yang sedang. 


4. Kopi hitam


Kopi hitam tidak hanya rendah kalori tetapi juga kaya antioksidan yang dapat mendukung kesehatan secara keseluruhan. 


Ditambah lagi, kopi dikenal dapat meningkatkan metabolisme, berkat kandungan kafeinnya. 


Hal ini menjadikannya minuman yang cocok untuk menurunkan berat badan selama Anda menghindari gula, krim, dan sirup perasa.


Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Epidemiology menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi kopi hitam memiliki risiko lebih rendah terhadap obesitas dan diabetes tipe 2. 


5. Teh herbal 


Teh herbal adalah pilihan yang bagus jika Anda ingin memgurangi kalori untuk menurunkan berat badan. 


Kata akan antioksidan dan rendah kalori, teh herbal seperti teh kamomil, teh pepermin, dan teh hibiscus adalah pilihan bebs kafein yang dapat Anda coba untuk menurunkan berat badan. 


Minuman ini juga dapat membantu meningkatkan pencernaan, mengurangi nafsu makan, dan meningkatkan pembakaran kalori. 


Selain itu, teh herbal meningkatkan relaksasi dan dapat membantu Anda tertidur lebih cepat. 


6. Air kelapa 


Air kelapa mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, dan asam amino. 


Air kelapa rendah kalori dan merupakan sumber elektrolit alami yang sangat baik seperti kalium dan magnesium, sehingga cocok untuk rehidrasi setelah berolahraga. 


"Air kelapa merupakan alternatif yang lebih sehat untuk minuman olahraga yang mengandung gula dan dapat membantu Anda terhindar dari dehidrasi, yang sering kali disalahartikan sebagai rasa lapar, yang menyebabkan makan berlebihan," saran Chawla.


7. Air lemon


Salah satu minuman rendah kalori yang sederhana dan paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah air lemon. 


Cukup peras setengah air lemon ke dalam segelas air, dan minuman segar Anda siap untuk membantu pencernaan dan mendukung detoksifikasi. 


Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Current Developments in Nutrition menyebutkan, rasa segar kaya vitamin C membantu manahan keinginan makan dan meningkatkan pembakaran lemak. 


Selain itu, menyeruput air lemon sebelum makan dapat membantu Anda merasa lebih kenyang, sehingga lebih mudah untuk mengontrol ukuran porsi. 

×