Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Wajib Nonton Pencinta Creepy! Ini Film Horor Terbaik Dalam Sejarah Hollywood yang Terinspirasi dari Peristiwa Nyata

September 13, 2024 Last Updated 2024-09-13T04:25:38Z


Sepanjang tahun, penonton disuguhi berbagai film horor di layar lebar. Suasana menjadi lebih mencekam ketika cerita tersebut ternyata didasarkan pada peristiwa nyata.


Film horor sering terinspirasi dari berbagai kejahatan dan peristiwa di dunia nyata. Banyak pembuat film dan penulis skenario yang mengambil unsur-unsur menakutkan dari kisah nyata untuk dihadirkan ke layar lebar.


Dari film The Conjuring pada 2013 hingga The Birds karya Alfred Hitchcock, melalui laman Hollywood Reporter pada Kamis, (12/9), berikut daftar film horor mengerikan yang didasarkan pada peristiwa aktual.


Fire in the Sky (1993)


Film ini menceritakan kembali kisah Travis Walton, seorang pria yang mengaku diculik makhluk asing pada 5 November 1975 saat dia pulang ke Snowflake, Arizona, bersama beberapa rekan. Walton menghilang selama lima hari sebelum kembali.


Dia mempublikasikan pengalaman dalam buku berjudul The Walton Experience, yang kemudian diterbitkan ulang dengan judul Fire in the Sky menyusul rilis film tersebut.


The Amityville Horror (1979)


The Amityville Horror mengangkat pengalaman nyata keluarga Lutz selama 28 hari di rumah mereka di 112 Ocean Avenue, Amityville, New York. Tiga belas bulan sebelum keluarga itu pindah, Ronald DeFeo Jr. telah membunuh enam anggota keluarga di rumah itu. Pengalaman keluarga Lutz meluncurkan serangkaian buku dan menjadi dasar bagi 11 film.


A Nightmare on Elm Street (1984)


Film slasher 1984 karya Wes Craven ini berpusat pada seorang pembunuh yang menguntit mangsa saat mereka sedang tidur. Dalam wawancara dengan Vulture untuk perayaan ulang tahun ke-30 film tersebut, Craven yang telah meninggal berbagi bahwa premis film ini terinspirasi dari artikel koran Los Angeles Times tentang para pengungsi pria muda Asia Tenggara yang meninggal dalam tidur mereka. Banyak pria yang menolak untuk tidur karena mimpi buruk yang mereka takuti akan menyebabkan kematian, dengan total 26 pria meninggal dalam tidur mereka pada tahun 1981.


Annabelle (2014)


Boneka terkutuk Annabelle pertama kali diperkenalkan dalam film The Conjuring (2013) dan kemudian menjadi fokus waralaba terpisah dengan film-film Annabelle (2014), Annabelle: Creation (2017), dan Annabelle Comes Home (2019). Boneka ini didasarkan pada boneka Raggedy Anne yang diberikan kepada seorang perawat muda. Seorang medium menyatakan bahwa boneka itu dihuni roh seorang anak perempuan berusia 7 tahun bernama Annabelle Higgins. Boneka yang konon terkutuk oleh roh jahat disalahkan atas serangan kekerasan dan setidaknya dua pengalaman nyaris maut.


Winchester (2018)


Helen Mirren bintang utama dalam film thriller supernatural yang disutradarai Michael dan Peter Spierig. Film Winchester berdasar kisah nyata Rumah Misteri Winchester, sebuah landmark bersejarah di San Jose, California, dan kediaman almarhum Sarah Winchester.


Baca Juga: 12 Rekomendasi Film Komedi Romance Thailand dengan Rating Tertinggi yang Bikin Ngakak, Wajib Masuk Watchlist!


Deliver Us From Evil (2014)


Eric Bana memerankan polisi New York yang nyata, Ralph Sarchie, yang mengalami aktivitas paranormal saat bekerja pada kasus-kasus di kota itu. Ini adalah film kedua sutradara Scott Derrickson yang didasarkan pada peristiwa nyata.


The Conjuring (2013)


Patrick Wilson dan Vera Farmiga memerankan Ed dan Lorraine Warren, pakar demonologi yang terkenal karena menyelidiki kasus keluarga Lutz. The Conjuring didasarkan pada kasus sebelumnya mereka yang melibatkan boneka mengerikan. Wilson dan Farmiga terus membintangi alam semesta The Conjuring, memerankan kembali peran mereka untuk The Conjuring 2 (2016) dan The Conjuring: The Devil Made Me Do It (2021).


The Possession (2012)


The Possession berasal dari daftar penjualan eBay untuk "kotak dybbuk" yang disertai cerita horor yang ditulis oleh pemiliknya, Kevin Mannis. Dalam folklor Ibrani, dybbuk adalah roh jahat yang memiliki kemampuan untuk menghantui dan merasuki orang-orang yang masih hidup.


The Rite (2011)


Colin O'Donoghue bintang sebagai Michael Kovak, yang pengalamannya terinspirasi oleh Pastor Gary Thomas, salah satu dari 14 eksorsist bersertifikat Vatikan yang bekerja di AS. Saat belajar di Roma, Thomas bertemu dengan jurnalis Matt Baglio, yang menulis tentang perjalanan Thomas dalam buku The Rite: The Making of a Modern Exorcist. Thomas membantu mengawasi pembuatan film ini.


The Haunting in Connecticut (2009)


Pada 1986, keluarga Snedeker menyewa rumah di Connecticut yang ternyata merupakan bekas rumah duka. Pakar demonologi terkenal Ed dan Lorraine Warren menyatakan rumah itu dikuasai oleh roh-roh jahat. Pengalaman keluarga Snedeker menjadi inspirasi untuk apa yang terjadi pada keluarga Campbell dalam The Haunting in Connecticut.


Baca Juga: 12 Film Populer dan Dokumenter tentang Peristiwa Genosida 1965, dari Garapan Sineas Indonesia hingga Mancanegara


Stuck (2007)

Setelah menabrak seorang pengemis dan membiarkannya terjebak di kap mobilnya, seorang perawat muda bernama Brandi (Mena Suvari) berusaha menentukan langkah selanjutnya. Brandi terinspirasi dari Chante Jawan Mallard, seorang perempuan Texas yang menabrak Gregory Glen Biggs seorang gelandangan dan membiarkannya terjebak di kap mobilnya hingga ia meninggal. Ia dijatuhi hukuman 50 tahun penjara atas perbuatannya.


Borderland (2007)


Film ini longgar didasarkan pada kehidupan Adolfo Constanzo, seorang pembunuh berantai Amerika-Meksiko dan pemimpin kultus yang pindah ke Kota Meksiko sebagai orang dewasa di mana ia bertemu dengan teman-teman yang akan menjadi pengikut masa depannya.


Black Water (2007)


Apa yang dimulai sebagai liburan keluarga di hutan bakau Australia Utara berakhir dengan serangan buaya dan perjuangan untuk bertahan hidup dalam Black Water. Pemasaran film ini menyatakan bahwa itu didasarkan pada peristiwa nyata, dan memang benar. Film ini terinspirasi dari serangan buaya yang terjadi di Australia Utara pada tahun 2003.

×