Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pasukan Israel Gunakan Anak 10 tahun Sebagai Perisai Manusia

September 02, 2024 Last Updated 2024-09-02T02:47:00Z


Di balik penghancuran kota-kota Tepi Barat dan penyerbuan Israel ke rumah-rumah penduduk setempat, terdapat kisah-kisah perjuangan warga Palestina untuk mendapatkan kebebasan dan kehidupan.


Sebuah investigasi yang diluncurkan oleh The Guardian telah menyoroti beberapa tindakan kejam yang dilakukan oleh pasukan pendudukan Israel selama penyerbuan terbaru mereka ke kamp pengungsi Nur Shams di gubernuran Tulkarm.


Kamp yang terletak di pinggiran Tepi Barat yang diduduki dekat wilayah pendudukan '48 ini merupakan rumah bagi sebuah penjara pendudukan Inggris sebelum pendirian rezim Israel. Dengan masuknya warga Palestina yang terus menerus dipindahkan secara paksa, Nur Syam menjadi kamp pengungsi yang menjadi tempat bagi keluarga-keluarga Palestina yang melarikan diri dari pendudukan brutal Israel.


Selama beberapa tahun terakhir, agresi Israel di Tepi Barat tidak pernah berhenti, bahkan semakin meningkat sejak 7 Oktober lalu, menyusul perang Israel di Gaza.


Kini, komando politik dan militer Israel melancarkan agresi berskala besar ke kota-kota di Tepi Barat bagian utara, berusaha memukul keras warga Palestina yang menolak status quo yang berlaku saat ini.


Anak-anak sebagai perisai manusia


Kisah Malak Shihab, seorang anak perempuan berusia 10 tahun, mewujudkan taktik kekerasan yang digunakan oleh pasukan pendudukan selama penggerebekan dan serangan terhadap kota-kota di Tepi Barat yang diduduki.


Malak, yang tinggal di rumah bibinya yang sederhana di kamp pengungsian, mengalami langsung kekerasan ini. Dalam sebuah penggerebekan di rumah tersebut, pasukan pendudukan mengusir paksa seorang ibu dan empat anaknya, namun menangkap Malak. Dalam sebuah pertunjukan kekejaman rezim, mereka melepaskan seekor anjing penyerang untuk mengintimidasi Malak dan kemudian menggunakannya sebagai perisai manusia. Di bawah ancaman anjing tersebut, Malak dipaksa untuk membuka semua pintu di dalam rumah sementara pasukan melakukan penggeledahan.


Meskipun Malak memohon untuk bisa bersama ibunya, pasukan Israel yang menyerbu rumah itu hanya menjawab dengan kata-kata, "Buka pintunya."


"Saya tidak tahu mengapa. Saya hanya ingin pintu itu terbuka," katanya, seperti dikutip oleh The Guardian.


Yang membuat pasukan Israel kecewa, mereka tidak dapat menemukan target mereka di dalam rumah tersebut, namun, mereka berhasil meneror keluarga Palestina lainnya.


Seperti biasanya, komando militer Israel menolak laporan Malak tentang kejadian-kejadian tersebut, dan menolak bertanggung jawab atas terorisme sistematis yang dilakukan pasukan Israel.


"Setiap kali pasukan bergerak masuk, lebih banyak anak-anak di Nur Syam yang terpapar kekerasan," tulis The Guardian.


Bukan yang Pertama


Israel telah diketahui telah berkali-kali menggunakan anak-anak Palestina sebagai perisai manusia. Seperti dilansir ReliefWeb, tentara Israel menggunakan tiga anak Palestina sebagai perisai manusia selama penyerbuannya ke kamp pengungsi Tulkarm di Tepi Barat bagian utara pada 5 dan 6 Mei.


Anak-anak tersebut dipaksa berjalan di depan para tentara ketika mereka menggeledah rumah-rumah warga dan meminta mereka untuk mengungsi dari rumah mereka. Tentara Israel menembak dua dari anak-anak tersebut setelah meletakkan senapan di pundak mereka.


Euro-Med Monitor sebelumnya mengeluarkan laporan rinci berjudul "Matriks Kontrol Israel: Penggunaan warga sipil Palestina sebagai perisai manusia", yang mendokumentasikan kasus-kasus penggunaan warga sipil Palestina sebagai perisai manusia oleh pasukan militer Israel selama konflik 50 hari di Jalur Gaza (8 Juli - 26 Agustus 2014).


Menurut laporan tersebut, pasukan Israel menggunakan warga sipil Palestina sebagai perisai manusia setidaknya dalam enam kasus di kota Khan Yunis, Jalur Gaza selatan untuk melindungi tentara atau kendaraan Israel selama serangan darat ke wilayah tersebut. Salah satu kasus melibatkan penggunaan seorang anak sebagai perisai manusia.


Tentara Israel telah menggunakan warga sipil Palestina sebagai perisai manusia, dengan sengaja menempatkan mereka di tempat-tempat strategis dan di depan target militer, dalam upaya untuk mencegah serangan, membentengi pasukannya di Jalur Gaza, memfasilitasi operasi militer dan menghalangi operasi militer terkait.


Ketika melakukan serangan darat dan serangan militer, tentara Israel dengan sengaja menggunakan warga sipil Palestina untuk menjaga titik-titik pertemuan pasukannya. Hal ini juga membuat mereka melangkah di depan kendaraan militer ketika menyerbu rumah-rumah dan bangunan yang dikira sebagai jebakan.

×