Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Israel Serang Target Houthi di Yaman

September 30, 2024 Last Updated 2024-09-30T03:52:24Z


Israel melancarkan serangan terhadap target Houthi di Yaman pada Minggu setelah militan Houthi menembakkan rudal ke Israel selama dua hari terakhir, yang menandai pertukaran baru di front lain dalam konflik regional.


Militer Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa puluhan pesawat, termasuk jet-jet tempur, menyerang pembangkit listrik dan sebuah pelabuhan laut di pelabuhan Ras Issa dan Hodeidah.


Serangan tersebut menyebabkan pemadaman listrik di sebagian besar kota pelabuhan Hodeidah, kata penduduk.


"Selama setahun terakhir, Houthi telah beroperasi di bawah arahan dan pendanaan Iran, dan bekerja sama dengan milisi Irak untuk menyerang Negara Israel, merusak stabilitas regional, dan mengganggu kebebasan navigasi global," kata pernyataan itu.


Sebelumnya, Israel menyerang pelabuhan Hodeidah pada bulan Juli setelah serangan pesawat tak berawak Houthi menembus pertahanan udara Israel dan menewaskan seorang warga sipil di Tel Aviv.


Awal bulan ini, Houthi, yang menguasai sebagian besar wilayah utara Yaman, mencapai Israel tengah dengan apa yang mereka gambarkan sebagai rudal hipersonik. Serangan tersebut menyebabkan kebakaran, memicu sirene serangan udara, membuat warga berlarian mencari perlindungan di daerah sekitar bandara Ben Gurion.


Militan Houthi Yaman telah menembakkan rudal dan pesawat tak berawak ke Israel berulang kali sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina, sejak perang Gaza dimulai dengan serangan Hamas ke Israel pada tanggal 7 Oktober.


Dalam serangan terbaru mereka, Houthi mengatakan bahwa mereka telah meluncurkan sebuah rudal balistik pada Sabtu ke arah Bandara Internasional Ben Gurion di dekat Tel Aviv, yang kemudian dicegat oleh Israel. Israel juga mencegat rudal Houthi lainnya pada Jumat.


Gerakan Houthi sebelumnya berduka atas kematian pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah, sekutunya dalam aliansi yang didukung Iran yang menentang Israel, setelah kematiannya dalam serangan udara Israel di Beirut.

×