Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Ukraina Uji Coba Rudal Balistik Pertama Buatan Dalam Negeri

Agustus 28, 2024 Last Updated 2024-08-28T04:05:36Z


Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Selasa (27/8/2024) mengatakan, militernya baru-baru ini melakukan uji coba pertama rudal balistik buatan dalam negeri.


Pengumumannya di Kyiv disampaikan setelah dua malam beruntun Rusia menyerang Ukraina secara besar-besaran, menewaskan beberapa orang dan menghancurkan infrastruktur energi.


"Uji coba positif rudal balistik pertama Ukraina. Saya mengucapkan selamat kepada industri pertahanan kita atas hal ini. Saya tidak dapat membagikan rincian lebih lanjut tentang rudal ini," katanya dalam konferensi pers di ibu kota Ukraina, dikutip dari kantor berita AFP.


Ukraina berupaya mengembangkan industri persenjataannya sendiri untuk mengurangi ketergantungan pada bantuan militer Barat.


Zelensky pekan lalu mengatakan, pasukannya untuk kali pertama mengerahkan drone roket jarak jauh buatan dalam negeri yakni Palianytsia dalam pertempuran.


Adapun Ukraina telah menandatangani perjanjian dengan perusahaan-perusahaan senjata Barat tentang produksi senjata ringan dan amunisi.

×