Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

8 Makanan Sehat untuk Kecerdasan Anak, Bagus untuk Perkembangan Otak

Agustus 08, 2024 Last Updated 2024-08-08T07:54:21Z


Setiap orang tua nya pastinya ingin bisa tumbuh dengan sehat dan cerdas. Makanan sendiri menjadi salah satu faktor penting yang dapat mendukung hal tersebut.


Maka dari itu, sebagai orang tua, ada baiknya untuk memberikan anak makanan sehat yang baik untuk perkembangan otak anak. Hal ini dikarenakan otak dianggap salah satu organ tubuh yang paling mudah merasa 'lapar'. Selain itu, otak juga menjadi organ tubuh pertama yang menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.


Oleh karena itu, asupan makanan yang dikonssumsi sangat berpengaruh terhadap kesehatan otak, termasuk di antaranya yang terkait dengan kecerdasan. Lantas, apa saja makanan sehat yang dapat mendukung kecerdasan anak? Simak ulasan singkat berikut ini.


Makanan Sehat Untuk Kecerdasan Anak


Berikut ini informasi lengkap mengenai delapan makanan sehat yang bisa diberikan orang tua kepada anak untuk mendukung kecerdasan mereka.


1. Ikan kembung


Makanan sehat pertama yang dapat mendukung kecerdasan anak yaitu Ikan kembung. Ikan ini merupakan salah satu sumber asam lemak omega-3 yang dikenal punya manfaat luar biasa untuk otak.


Penelitian menemukan, orang yang rajin mengonsumsi asam lemak omega-3 memiliki pemikiran yang lebih tajam.


2. Salmon


Selain ikan kembung, jenis ikan lainnya yang bisa dikonsumsi anak yaitu salmon. Dilansir laman WebMD, ikan berlemak seperti salmon adalah sumber asam lemak omega-3, DHA, dan EPA yang sangat baik untuk pertumbuhan dan fungsi otak.


Faktanya, penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak asam lemak ini memiliki pikiran yang lebih tajam dan melakukan tes keterampilan mental dengan lebih baik.


3. Telur


Telur dikenal sebagai salah satu sumber protein terbaik. Di luar itu, telur merupakan salah satu makanan sehat yang baik untuk kecerdasan anak.


Pasalnya, bagian kuning telur mengandung senyawa bernama choline, yang dapat membantu perkembangan memori.


4. Ayam


Berikutnya, ada ayam yang kaya akan protein dan berbagai nutrisi penting lainnya sehingga cocok menjadi makanan sehat untuk anak.


Ayam sangat tinggi vitamin B12, yakni vitamin yang larut dalam air yang sangat penting untuk tumbuh lebih tinggi. Ayam juga mengandung taurin, yaitu asam amino yang mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang.


Kandungan vitamin B12 dan kolin di ayam juga dapat mendukung fungsi dan perkembangan otak yang sehat. Kedua nutrisi tersebut penting untuk fungsi kognitif dan retensi memori anak.


5. Kacang-kacangan


Makanan sehat berikutnya yaitu kacang-kacangan yang kaya akan protein, karbohidrat kompleks, dan serat. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan vitamin dan mineral.


Kacang merupakan makanan otak yang sangat baik karena menjaga energi dan kemampuan berpikir anak pada puncaknya sepanjang sore. Dengan catatan, anak mengonsumsi kacang pada siang hari.


Tidak hanya itu, kacang juga mengandung omega-3 yang penting untuk kesehatan otak. Dari semua jenis yang ada, kacang merah adalah kacang dengan kandungan omega-3 tertinggi.


6. Buah Beri


Makanan sehat untuk kecerdasan anak selanjutnya yaitu buah beri. Dilansir laman Medical News Today, berbagai jenis buah beri mengandung antioksidan flavonoid yang baik untuk otak. Antioksidan ini bisa membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif.


Manfaat mengonsumsi buah beri untuk anak antara lain berpotensi meningkatkan komunikasi antar sel otak, serta membantu sel-sel otak membentuk koneksi baru yang bisa meningkatkan memori.


Untuk kecerdasan otak anak, orang tua bisa memilih berbagai jenis buah beri seperti stroberi, blueberry, hingga murbei.


7. Oatmeal


Berikutnya, ada oatmeal yang merupakan salah satu menu sarapan populer untuk anak. Makanan ini  sendiri kaya akan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak.


Pasalnya, gandum menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang dibutuhkan anak pada pagi hari. Selain itu, oatmeal juga merupakan sumber vitamin E, B, kalium, dan zinc yang membuat tubuh dan otak berfungsi dengan kapasitas penuh.


8. Susu dan Yogurt


Terakhir, ada susu dan produk-produk turunannya seperti yoghurt yang bisa diberikan kepada anak karena mengandung protein dan vitamin B. Kedua kandungan ini sendiri merupakan komponen penting untuk perkembangan jaringan otak dan neurotransmitter.


Selain itu, susu juga kaya akan vitamin D. Studi menyarankan, anak dan remaja perlu mendapatkan vitamin D 10 kali lebih banyak dari yang direkomendasikan karena bermanfaat  bagi sistem neuromuskular.


Ittulah informasi mengenai delapan makanan sehat yang bisa diberikan kepada anak untuk mendukung kecerdasan otaknya. 

×