Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

3 Pebulutangkis Indonesia yang Pindah Jadi Warga Negara Amerika Serikat, Nomor 1 Peraih Medali Emas Olimpiade!

Agustus 27, 2024 Last Updated 2024-08-27T06:30:22Z


TIGA pebulutangkis Indonesia yang pindah jadi warga negara Amerika Serikat akan jadi pembahasan artikel kali ini. Salah satunya adalah peraih medali emas di Olimpiade Sydney 2000, Toni Gunawan


Siapa saja pebulutangkis yang dimaksud? berikut ulasannya


3. Halim Haryanto


Pada tahun 2000-an awal, Halim Haryanto merupakan pasangan ganda putra bersama Tony Gunawan. Mereka sukses meraih sejumlah gelar juara di ajang bergengsi seperti All England.


Keputusan besar diambil Halim Haryanto pada 2004, yang mana ia mengundurkan diri dari Pelatnas PBSI. Halim Haryanto kemudian beralih negara ke Amerika Serikat dan melanjutkan karier bulutangkisnya di sana.


2. Utami Dewi


Berikutnya ada nama Utami Dewi yang juga sempat memperkuat tim bulutangkis Tanah Air pada era 1970-an. Prestasi Utami Dewi memang sangat mentereng, khususnya di sepanjang periode tahun 1971 sampai 1975 saat dia mampu secara beruntun menjuarai kompetisi Indonesian National Badminton Championships.


Berselang beberapa tahun pasca memenangkan Piala Uber, Utami Dewi memilih beralih negara dan membela Amerika Serikat. Dia pun kemudian melanjutkan karier bulutangkisnya di sana.


1. Tony Gunawan


Terakhir ada Tony Gunawan, salah satu peraih medali emas Olimpiade untuk Indonesia. Tony Gunawan melakukan pencapaian tersebut saat berpasangan dengan Candra Wijaya pada Olimpiade Sydney 2000 lalu.


Tony Gunawan kemudian mengambil keputusan beralih negara dan membela Amerika Serikat. Tony Gunawan sempat tampil dalam kejuaraan dunia 2005 mewakili AS, bersama pasangan Howard Bach. Menariknya, di ajang itu, Tony bisa bekerja sama dengan baik hingga menembus partai final, dan menantang pasangan Indonesia, Candra Wijaya/Sigit Budiarto.

×