Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Toni Kroos soal "Dipensiunkan" Spanyol: Kesal, Tapi Bangga

Juli 07, 2024 Last Updated 2024-07-07T10:17:10Z

 

Toni Kroos resmi pensiun dari Timnas Jerman. Pertandingan melawan Spanyol di Euro 2024 menjadi laga terakhirnya.


Meskipun kalah melawan Spanyol, namun sanjungan tetap diberikan kepada Kroos. Dirinya dinilai masih memberikan permainan terbaik untuk negaranya.


Selesai pertandingan, banyak pemain langsung menghampiri Kroos untuk mengucapkan salam perpisahan.


Bahkan pemain Jerman, Dani Carvajal dan Joselu terlihat memberikan pelukan dan ciuman di pipi untuk Kroos.


"Karier Toni tidak dapat dinilai dengan nilai yang cukup tinggi. Pastinya, salah satu pemain Jerman terhebat," kata pelatih Jerman Julian Nagelsmann.


Nagelsmann mengatakan bahwa dirinya juga merasa bangga bahwa ia berhasil membujuk Kroos untuk kembali ikut bermain membela tanah air.


Kalah dari Spanyol


Kroos ikut buka suara setelah Jerman dikalahkan Spanyol dengan skor tipis 2-1.


Pemain Real Madrid itu mengatakan bahwa masa pensiunnya saat ini begitu pahit karena kalah dari Spanyol.


Tak hanya itu, ia juga mengatakan bahwa kemenangan Euro menjadi target besar Jerman.


"Sejujurnya, saat ini perasaan utama adalah bahwa turnamen ini telah berakhir. Kami semua memiliki target besar yang ingin kami capai bersama, dan mimpi yang kami semua miliki telah hancur begitu saja," ujar Kroos.


Kalah dari Spanyol, Kroos mengaku ia dan rekan setimnya kesal. Namun apa yang dilakukan Jerman adalah yang terbaik.


"Kesal mungkin bukan karena semua yang telah kami capai dan seperti yang saya katakan, bukan karena akhir karier saya, tapi karena mimpi kami telah hancur," lanjutnya.


Kapten Timnas Jerman ini berharap pemain lain akan mendapat kepercayaan diri lagi dan merasa bangga meski kalah dari Spanyol.


"Saya piker kami bisa pulang dengan rasa bangga karena kami telah memainkan Euro dengan hanya sedikit orang," lanjut Kroos dikutip dari Reuters.


Diketahui,Kroos adalah pemain terakhir Jerman yang lahir di Jerman Timur. Gelandang tengah ini telah memainkan 114 pertandingan untuk Jerman


Di mana lima pertandingan terakhirnya di Euro 2024 telah membantu mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa di negara tersebut.


Selama berkarier, Kroos telah memenangi 1 Piala Dunia, 6 Liga Champions dengan dua klub berbeda yakni 5 dengan Real Madrid dan 1 dengan Bayern Muenchen.


Kemudian dirinya juga sempat memenangi 6 FIFA Club World Cup, 4 La Liga, 3 Bundesliga, dan beberapa trofi lokal lainnya.

×