Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Sudah Tahu? Ternyata Ini Dia Jalan Terpanjang di Dunia!

Juli 12, 2024 Last Updated 2024-07-12T12:59:16Z


Tahukah kamu? Menurut catatan rekor, Pan-American Highway merupakan jalan terpanjang di dunia yang membentang sekitar 30 ribu kilometer dari Alaska hingga ujung selatan Argentina.


Namun, tergantung pada siapa kita bertanya, beberapa kalangan mungkin akan mempermasalahkan pernyataan tersebut. Visi Pan-American Highway pertama kali diusulkan pada tahun 1923 oleh Amerika Serikat (AS).


Meskipun hal ini dianggap sebagai upaya persaudaraan dan idealisme untuk mengikat negara-negara yang berjauhan, beberapa orang berpendapat bahwa hal ini pada dasarnya adalah sebuah taktik untuk meningkatkan penjualan mobil buatan AS dan ekspor lainnya ke Amerika Latin.


Pada tahun 1924, para pejabat AS mengundang 37 delegasi dari Amerika Latin ke Washington DC untuk mendengarkan promosi penjualan mereka dan, setelah perselisihan selama bertahun-tahun, sebuah kesepakatan tercapai.


Konvensi Pan-American Highway ditandatangani pada tahun 1937 oleh Argentina, Bolivia, Kanada, Chili, Kolombia, Kosta Rika, El Salvador, Guatemala, Honduras, Meksiko, Nikaragua, Panama, Peru, dan AS.


Namun kemajuannya tidak cepat. Pada awal tahun 1970-an, Presiden AS ke-37 Richard Nixon sesumbar bahwa jalan raya besar yang melintasi benua akan segera selesai, namun masih banyak kesenjangan dan jalan buntu.


Faktanya, bahkan saat ini, Pan-American Highway belum sepenuhnya terhubung dan tidak dapat berkendara sepenuhnya. Terobosan mencolok dalam hal pembangunan jalan dapat ditemukan di Dari©n Gap, sebidang tanah tipis sepanjang 160 kilometer yang menghubungkan Panama dengan Kolombia.

×