Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Siap-Siap Beli Motor Baru Makin Susah Kredit Motor Bakal Dipersulit Hal Ini Jadi Penyebab

Juli 20, 2024 Last Updated 2024-07-19T22:45:27Z


Siap-siap beli motor baru makin susah kredit motor bakal diperketat atau dipersulit karena hal ini jadi penyebab.


Korlantas Polri merasa saat ini tingginya penipuan atau penggelapan kendaraan seperti motor diakibatkan karena kredit motor yang mudah.


Saat ini memang semua orang bisa beli motor baru secara mudah dengan sistem kredit.


Seperti banyaknya uang muka rendah dan syarat yang mudah.


Dirregident Korlantas Polri, Brigjen Yusri Yunus meminta agar ada sebuah regulasi untuk memperketat syarat pengajuan kredit kendaraan.


"Makanya saya bilang tadi perlu ada satu regulasi lagi yang memang gak mempermudah untuk mendapatkan kendaraan," kata Yusri dikutip dari tribunnews.com


Yusri menjelaskan pihaknya sudah berkomunikasi dengan pihak terkait.


Yakni Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) atau asosiasi leasing kredit motor.


Upaya ini dikatakan Yusri dapat mencegah pelaku-pelaku tindak pidana penggelapan kendaraan terjadi.


"Gampang sekali mereka (pelaku kejahatan) bermain, bayar cuma berapa kemudian dia dapat, hilang. Mungkin dia pakai identitas yang nggak jelas," ucap dia.


Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri membongkar kasus penggelapan kendaraan sepeda motor jaringan internasional yang sudah beraksi sejak 2021-2024.


Dalam hal ini, ditemukan kurang lebih 20 ribu sepeda motor yang sudah dikirim ke luar negeri.


"Barang bukti yang berhasil diamankan antara lain sepeda motor sebanyak 675 unit dan dokumen pendukung adanya transaksi pengiriman sebanyak ± 20.000 unit sepeda motor rentang waktu febuari 2021 sampai dengan januari 2024," kata Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Djuhandani Rahardjo Puro dalam konferensi pers di kantor Slog Polri, Jakarta, Kamis (17/7/72024).


Sindikat ini memesan sepeda motor dari leasing dengan cara mengkredit.


"Modus operandi yang dilakukan adalah para penadah melakukan pemesanan kendaraan bermotor kepada perantara," kata Djuhandani dalam konferensi pers di Kantor Slog Polri, Jakarta, Kamis (18/7/2024).


Nantinya, perantara mencari debitur untuk melakukan kredit motor di dealer-dealer di seluruh Pulau Jawa dengan menggunakan identitas debitur dengan imbalan Rp 1,5 juta - Rp 2 juta.


"Setelah kendaraan diterima oleh debitur kemudian kendaraan tersebut langsung dipindah tangankan dari debitur ke perantara dan selanjutnya diberikan ke penadah untuk ditampung di beberapa gudang milik penadah," ucapnya.


"Setelah kendaraan berjumlah sekitar 100 unit, selanjutnya penadah berkordinasi dengan eksportir untuk stuffing (proses memuat barang ke dalam kontainer) kemudian dilakukan ekspor ke luar negeri (Vietnam, Rusia, Hongkong, Taiwan dan Nigeria)," sambungnya.


Jika dilihat, sindikat ini hanya mengeluarkan modal Rp 5 juta sampai Rp 8 juta per unit untuk nantinya dijual ke luar negeri.


"Untuk dijualnya ke luar negeri tentu saja akan mengikuti standar di mana negara itu, harga nilai standar yang ada di luar negeri. Itu lah keuntungan mereka. Yang jelas harga motor sekitar Rp 30-50 juta," ungkapnya.


Djuhandani menyebut pihaknya juga berhasil menangkap tujuh orang tersangka yang melakukan aksi penggelapan ini.


Ketujuh tersangka berinisial NT dan ATH yang berperan sebagai debitur, WRJ dan HS selaku penadah sepeda motor, FI selaku pencari penadah, HM selaku pencari debitur, dan WS selaku eksportir.


Adapun total kerugian dari sindikat penggelapan motor jaringan internasional mencapai Rp 876 miliar berdasarkan 20 ribu unit lebih kendaraan yang sudah dijual ke luar negeri.


Jumlah kerugian itu setelah diakumulasi dari kerugian korban dalam hal ini pihak leasing sebesar Rp 826 miliar dan kerugian negara kurang lebih Rp 49 miliar.

×