Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kerugian Akibat Macet di Jakarta Tembus Rp 100 Triliun per Tahun

Juli 05, 2024 Last Updated 2024-07-05T03:35:54Z

Kepala Unit Pengelola Sistem Jalan Berbayar Elekronik (SPBE) Dinas Perhubungan DKI Jakarta Zulkifli mengatakan kerugian yang diderita warga Jakarta dan sekitarnya karena kemacetan yang terjadi setiap hari mencapai Rp 100 triliun per tahun.


Zulkifli menuturkan kerugian Rp 100 triliun itu paling besar didominasi oleh potensi kerugian kesehatan karena polusi dan juga kerugian waktu yang hilang karena kemacetan di jalan. Dari sisi kesehatan dan waktu ini, dia mengungkapkan kerugiannya mencapai Rp 60 triliun.


Sisanya, kerugian terjadi pada biaya operasi kendaraan termasuk biaya bahan bakar yang terbuang karena kendaraan menyala di tengah kemacetan. Jumlahnya bisa mencapai Rp 40 triliun.


"Kerugian Rp 100 triliun itu terdiri dari Rp 40 triliun dari biaya operasi, misalkan bahan bakar, oli, dan lain-lain. Nah yang Rp 60 triliun itu dari travel time, dan juga potensi polusi udara, itu dihitung jadi Rp 60 triliun," beber Zulkifli dikutip dari Detikcom, Jumat (5/7/2024).


Dia menambahkan kemacetan di Jakarta terjadi karena banyaknya masyarakat yang masih menggunakan kendaraan pribadi. Padahal, menurutnya, sudah ada transportasi umum yang lengkap di Jakarta untuk mengurangi kemacetan.


Berdasarkan data, masyarakat di Jakarta memang masih minim menggunakan transportasi umum. Pemprov Jakarta mencatat pada 2023, ada 21 juta perjalanan, namun baru 4 juta saja atau sekitar 18,86% perjalanan yang menggunakan transportasi umum.


Padahal, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syaripudin mengungkapkan pemda punya target minimal 30% perjalanan di Jakarta menggunakan transportasi umum dan ditargetkan bisa tercapai pada 2030.


"Kalau dipresentasikan itu hanya dapat 18,86% modal share-nya, padahal kita yang di 2030 nanti kita berharap di posisi sampai dengan 30%," kata Syaripudin.


Syaripudin mengatakan penggunaan kendaraan pribadi yang terlalu masif di Jakarta menimbulkan beragam masalah, salah satunya macet. Dia pun memperkirakan kerugian akibat macet bisa mencapai puluhan triliun.


"Kerugian yang diterima oleh para pemilik kendaraan pribadi juga besar dan juga biaya operasional dari kendaraan itu sendiri yang berjumlah puluhan triliun rupiah. Ini fakta yang saat ini kita lihat dalam keseharian," papar Syaripudin.

×