Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Hasil Copa America 2024: Menang 0-1 Atas Uruguay, Kolombia Tantang Argentina di Final

Juli 11, 2024 Last Updated 2024-07-11T11:42:10Z


Kolombia berhasil melangkah ke final Copa America 2024 usai mengalahkan Uruguay di semifinal dengan skor 0-1, Kamis (11/7/2024) pagi.


Dalam laga yang digelar di Bank of America Stadium ini, gol tunggal dari Jefferson Lerma di menit 39 cukup untuk membawa Kolombia lolos ke partai puncak.


Kolombia pun akan menantang Argentina di final Copa America 2024 yang dimainkan pada Senin (15/7/2024) pagi di Stadion Hard Rock, Miami, Florida.


Jalannya Pertandingan


Kolombia memulai laga dengan strategi yang terencana, namun mereka harus berhadapan dengan serangan balik cepat dari Uruguay. 


Pada menit ke-6, Arias mencoba peruntungannya dari jarak 30 yard, namun tendangannya masih melambung tinggi di atas mistar. 


Dominasi permainan Kolombia sempat terhambat oleh strategi pressing cepat Uruguay, yang berhasil memaksa beberapa kali turn over dari pemain Kolombia.


Menit ke-15, Munoz hampir saja membawa Kolombia unggul, namun sundulannya yang menerima umpan dari Diaz masih melebar.


Beberapa menit kemudian, Uruguay mendapat peluang emas lewat dribble apik Valverde yang diakhiri dengan tendangan Nunez yang hanya terpaut beberapa inci dari gawang.


Pada menit ke-39, momen yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. James Rodriguez memberikan umpan silang sempurna dari tendangan bebas yang disambut dengan sundulan keras oleh gelandang Crystal Palace, Jefferson Lerma.


Rochet yang berada di bawah mistar Uruguay tak mampu menghalau bola yang melesat masuk ke gawangnya. Kolombia pun unggul 0-1. 


Di menit-menit akhir babak pertama, tensi pertandingan menjadi sangat panas.


Pada menit ke-43, Munoz terlibat insiden dengan Ugarte yang berujung pada kartu merah langsung dari wasit Cesar Ramos. 


Munoz kedapatan menyikut Ugarte dan membuatnya harus meninggalkan lapangan lebih cepat.


Kolombia pun harus bermain dengan 10 pemain hingga pertandingan usai.


Beruntung, Kolombia masih bisa mempertahankan keunggulan 0-1 atas Uruguay hingga babak pertama berakhir.


Babak kedua dimulai dengan beberapa perubahan dari kedua tim. Marcelo Bielsa, pelatih Uruguay, memasukkan Cristian Olivera menggantikan Facundo Pellistri dan Giorgian de Arrascaeta menggantikan Mathias Olivera. 


Di pihak Kolombia, pelatih Nestor Lorenzo menarik keluar Jhon Arias dan memasukkan Santiago Arias.


Uruguay langsung menunjukkan intensitas serangan mereka di awal babak kedua dan berusaha memanfaatkan keunggulan jumlah pemain.


Namun, pertahanan Kolombia mampu menahan gempuran demi gempuran dari Uruguay.


Pada menit ke-62, James Rodriguez harus keluar lapangan dan digantikan oleh Kevin Castano.


Pergantian ini dilakukan setelah Rodriguez mendapatkan kartu kuning akibat protes keras terhadap wasit.


Pada saat yang sama, Richard Rios mengalami cedera dan digantikan oleh Mateus Uribe.


Uruguay terus menekan dan hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-71 ketika Luis Suarez, yang baru masuk menggantikan Guillermo Varela pada menit ke-67.


Mantan pemain Barcelona itu melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalti yang sayangnya bola hanya mengenai tiang gawang.


Menjelang akhir pertandingan, Marcelo Bielsa kembali memasukkan pemain segar dengan Agustin Canobbio menggantikan Nicolas de la Cruz pada menit ke-90. 


Di pihak Kolombia, Luis Diaz yang tampil gemilang sepanjang pertandingan digantikan oleh Luis Sinisterra pada menit ke-86 untuk menjaga keseimbangan tim.


Di sisa waktu pertandingan, tak ada gol lagi yang tercipta dan Kolombia pun sukses memenangkan pertandingan dengan skor 0-1 atas Uruguay.


Susunan Pemain Uruguay vs Kolombia


Uruguay (4-2-3-1): Rochet (GK) — Caceres, Gimenez, Olivera — De la Cruz, Betancur, Ugarte, Valverde — Araujo, Nunez, Pellistri.


Pelatih: Marcelo Bielsa


Kolombia (4-3-3): Vargas (GK) — Munoz, D. Sanchez, Cuesta, Mojica — Rios, Lerma, Arias — J. Rodriguez, Cordoba, Diaz.


Pelatih: Nestor Lorenzo 

×