Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Harga Beda Rp 500, Mending Pakai Pertamax Turbo daripada Pertamax Green 95?

Juli 21, 2024 Last Updated 2024-07-21T08:50:23Z


Pemerintah akan mendorong penggunaan bahan bakar ramah lingkungan, yakni Pertamax Green 95. Namun, dengan selisih harga yang tipis, banyak yang lebih memilih Pertamax Turbo.


"Kalau bagi saya, pasti ambil Pertamax Turbo. Beda Rp 500, tapi kualitasnya bagus. Tapi, bagi orang yang memikirkan harga, tidak ke kualitasnya, pasti memilih yang lebih murah," kata Gunawan, dari komunitas pecinta Daihatsu Sirion bernama Sirionity, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.


Hal yang senada diungkapkan oleh Sisca, dari komunitas Toyota Innova bernama Innova Community. Dia mengaku akan lebih memilih Pertamax Turbo dibandingkan dengan Pertamax Green 95.


"Saya pribadi lebih memilih pakai (Pertamax) Turbo, karena nilai oktannya lebih tinggi. Mobil bensin saya kan tidak setiap hari dipakai. Jadi, saya merasa lebih aman pakai yang Turbo, karena takut karatan," ujar Sisca.


Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menyarankan, penggunaan bensin sebaiknya sesuai dengan standar yang sudah direkomendasikan.


Dengan menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan rasio kompresi kendaraan, maka bisa menjaga kondisi mesin tetap bagus. Hal ini karena pembakaran yang terjadi di ruang bakar sudah sesuai atau sempurna.


“Menggunakan bahan bakar yang sesuai bisa menjaga keawetan komponen mesin. Sedangkan menggunakan bensin yang tidak sesuai akan menimbulkan efek buruk pada mesin,” kata Didi.


Efek buruk yang ditimbulkan mulai dari adanya penimbunan kerak di ruang bakar, menurunnya performa mesin hingga kurang awetnya komponen mesin.

×