Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Arab Saudi Idul Adha 16 Juni, Masih Bolehkah Puasa Arafah?

Juni 13, 2024 Last Updated 2024-06-13T08:22:44Z


Tak lama lagi, masyarakat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Namun, penetapan tanggal 10 Zulhijah 1445 di Indonesia berbeda dengan Arab Saudi.


Tanggal 10 Zulhijah 1445 di Indonesia akan jatuh pada Senin, 17 Juni 2024. Sementara itu, masyarakat Arab Saudi akan merayakan Idul Adha pada Minggu, 16 Juni 2024.


Perbedaan ini kerap memicu kebingungan terkait ibadah puasa. Apakah umat Islam di Indonesia masih boleh menjalankan ibadah sunah puasa Arafah pada 16 Juni mendatang?


Ustaz Bendri Jaisyurrahman memaparkan, umat Islam di Indonesia tetap bisa menjalankan puasa Arafah pada 16 Juni 2024 mendatang, Bunda. Momen ini bertepatan dengan perayaan Idul Adha di Arab Saudi.


Ustaz Bendri mengatakan bahwa perbedaan waktu Lebaran Haji di Indonesia dan Arab Saudi tidak memengaruhi niat puasa umat Islam masyarakat Indonesia yang berlebaran pada 17 Juni 2024.


"Ikuti fatwa ulama yang telah sepakat bahwa Lebaran itu tanggal 17 [Juni], insya Allah selamat. Tidak mungkin ulama mau menjerumuskan umatnya," kata Ustaz Bendri, dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (12/6/2024).


Menurut Bendri, perdebatan soal jadwal puasa Arafah menjelang Idul Adha sudah sering terjadi. Oleh karena itu, ia menganjurkan kepada umat Islam agar tetap menjalankan puasa Arafah pada 16 Juni mendatang, Bunda.


Selain itu, ketentuan mengenai hari Lebaran ditetapkan oleh para ulama. Bendri meyakini bahwa tidak ada satu pun ulama yang mengeluarkan fatwa untuk menjerumuskan umat Islam ke jalan yang salah.


"Dan ingat ada satu sabda dari Rasulullah yang mengatakan untuk mengikuti suara mayoritas dalam menjalankan ibadah di suatu wilayah, termasuk berpuasa Arafah ini," ucapnya.

×