Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

5 Cara Meningkatkan Kecepatan WiFi, Salah Satunya Ganti Router

Juni 30, 2024 Last Updated 2024-06-30T11:19:25Z


WiFi yang lemot tentunya bisa memperlama pekerjaan yang sedang digarap, apalagi jika pekerjaan Anda ada di bidang digital. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tahu cara meningkatkan kecepatan WiFi.


Cara mempercepat koneksi WiFi sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu memperhatikan kondisi router. Sebelum beralih ke perangkatnya, sebaiknya lakukan pemeriksaan pada router.


Misalnya saja dengan tidak menyimpan alat router WiFi di lantai karena lokasinya terlalu rendah untuk menangkap sinyal internet.


Hal lain yang perlu diperhatikan ialah hindari meletakkan router berdekatan dengan perangkat lain.


Sebab setiap barang elektronik akan memancarkan gelombang elektromagnetik sendiri yang berpotensi mengacaukan kerja router WiFi.


5 Cara Meningkatkan Kecepatan WiFi


1. Gunakan Frekuensi WiFi 5 GHz


jaringan WiFi dapat mempengaruhi kecepatan sinyal internet. Coba lihat berapa frekuensi WiFi yang ada di rumah, bila frekuensinya hanya 2,4 GHz maka segera ganti dengan WiFi berfrekuensi 5 GHz.


Pasalnya frekuensi 2,4 GHz memang lebih lambat dan sensitif terhadap gangguan jaringan yang berasal dari perangkat elektronik eksternal daripada WiFi berfrekuensi 5 GHz.


2. Tambahkan Extender WiFi


Bagaimana bila sudah menggunakan frekuensi WiFi besar tapi masih lambat? Alternatif cara untuk mempercepat koneksi WiFi dengan menggunakan tambahan extender WiFi.


Khususnya bila rumah Anda cukup besar atau alat WiFi digunakan untuk perkantoran, maka sangat disarankan menggunakan extender WiFi untuk meningkatkan kecepatan dan jangkauan sinyal WiFi.


3. Perhatikan Tempat Menyimpan Router


Terlihat sepele tapi bila Anda meletakkan atau menyimpan router di tempat-tempat tertentu berpotensi terjadi gangguan jaringan internet.


Sebagai contoh bila Anda meletakkan router di sudut ruangan atau meletakkan router yang terhalang oleh furnitur rumah berukuran besar. Kondisi ini menghambat sinyal jaringan internet dan kecepatan WiFi.


Oleh karena itu, disarankan untuk menyimpan router di tempat terbuka yang dapat menerima dan menyebarkan sinyal WiFi dengan kecepatan yang sama.


4. Perbarui Firmware Router


Untuk diketahui bahwa firmware merupakan sistem operasi untuk menjalankan router WiFi. Saat internet lambat, bisa jadi karena sistem operasi routernya belum diperbarui sehingga masih banyak bug de Mart - Gratis ongkir tanpa min. belanja ke seluruh Indonesia


Anda bisa memperbarui firmware untuk meningkatkan performa router WiFi melalui aplikasi atau situs website router khusus.


5. Ganti Router dengan yang Terbaru dan Lebih Canggih


Langkah terakhir untuk meningkatkan kecepatan sinyal internet WiFi yakni dengan mengganti router dengan alat yang lebih baru dan canggih.


Router WiFi terbaru umumnya sudah dilengkapi dengan teknologi dan fitur unggulan, misalnya saja MU-MIMO dan beamforming. Kedua fitur tersebut yang turut membantu tingkatkan kecepatan jaringan dan jangkauan sinyal internet.


HERZANINDYA MAULIANTI


Pilihan Editor: Harga Internet IndiHome Terbaru 2024, Mulai dari 280 Ribu

×