Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Ini Alasan Polisi Tak Izinkan Massa Bela Palestina Longmarch ke Bundaran HI

Maret 09, 2024 Last Updated 2024-03-09T09:14:09Z


Massa aksi bela Palestina hendak melakukan longmarch dari depan Kedubes AS menuju Bundaran HI, Jakarta Pusat pada Sabtu (9/3). Namun aksi itu dihalang polisi dengan menutup Jalan MH Thamrin.


Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, pihaknya memang tak mengizinkan aksi longmarch menuju Bundaran HI.


"Silakan kembali lagi, ruas jalan ini banyak digunakan, warga Jakarta menggunakan ruas jalan ini. Tolong sekali lagi mohon pengertiannya," kata Susatyo dari atas mobil komando.


Alhasil, massa aksi tertahan di kawasan Patung Kuda. Polisi mengimbau massa agar bisa melaksanakan aksi dengan tertib.


"Tolong diatur keamanan agar aksi damai ini bisa tertib," ucap Susatyo.


Massa aksi kemudian diminta untuk kembali ke depan Kedubes AS, tempat awal aksi dilangsungkan.


Massa aksi bela Palestina ini sudah mulai memadati depan Kedubes AS sejak pukul 06.00 WIB. Mereka tampak membawa sejumlah atribut seperti bendera Palestina. Tuntutan utama mereka adalah harus ada Ramadan di Gaza.


Ada pula yang membawa karangan bunga bertuliskan 'Turut berduka cita atas matinya nurani elite Amerika Serikat, atas nama bangsa Indonesia'.


Polisi menyiagakan 1.467 personel untuk mengawal jalannya aksi unjuk rasa ini. Jalan Medan Merdeka Selatan juga dilakukan penutupan akibat adanya demonstrasi tersebut.

×