Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Anak-anak Sekarat karena Kelaparan di Gaza Utara,13 Ribu Terbunuh Sejak 7 Oktober 2023

Maret 06, 2024 Last Updated 2024-03-06T09:03:59Z


Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus baru-baru ini mengabarkan kondisi memprihatinkan anak-anak di Gaza Utara.


Mereka yang merupakan korban perang Gaza dalam konflik Palestina dan Israel disebut tengah sekarat karena kelaparan.


Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Senin (4/3/2024) pun mengaku prihatin, seperti dikutip dari media Turki, Yeni Safak.


“Malnutrisi tingkat parah, anak-anak sekarat karena kelaparan, kekurangan bahan bakar, makanan dan pasokan medis, gedung rumah sakit hancur,” tulis Tedros Adhanom Ghebreyesus.


“Situasi di Rumah Sakit Al-Awda sangat memprihatinkan, karena salah satu bangunannya hancur. Rumah Sakit Kamal Adwan adalah satu-satunya rumah sakit anak di utara Gaza, dan kewalahan menampung pasien,” tambahnya.

Ghebreyesus mengatakan kekurangan makanan mengakibatkan kematian 10 anak, dan menambahkan bahwa kekurangan listrik juga menimbulkan “ancaman serius” terhadap perawatan pasien, terutama di area kritis seperti unit perawatan intensif dan unit neonatal.


“Kami mengimbau Israel untuk memastikan bantuan kemanusiaan dapat disalurkan dengan aman dan teratur. Warga sipil, terutama anak-anak, dan staf kesehatan membutuhkan bantuan yang lebih besar segera.”


“Tetapi obat utama yang dibutuhkan semua pasien ini adalah perdamaian. Gencatan senjata,” tambahnya.


Sementara itu, AA melaporkan, sebanyak 13.430 anak-anak telah terbunuh di Jalur Gaza akibat serangan udara dan operasi darat Israel sejak dimulainya perang Israel-Hamas pada 7 Oktober 2023 menurut Kantor Media di Gaza pada Senin.


Laporan tersebut mencatat, 8.900 perempuan terbunuh selama 150 hari, dan 7.000 orang, 70 persen di antaranya adalah perempuan dan anak-anak, masih berada di bawah reruntuhan atau hilang.


Kantor media mengatakan 364 petugas kesehatan dan 132 jurnalis juga kehilangan nyawa selama periode tersebut.


Baca juga: Israel Sejajar Korea Utara Jadi Negara Paling Terisolasi di Dunia, Pariwisata Mati Imbas Perang Gaza


Sebagai peringatan terhadap meningkatnya kelaparan di Gaza, kantor tersebut mengatakan Israel telah mencegah masuknya makanan dan pasokan bantuan dan bahkan menargetkan kendaraan bantuan yang mencoba mencapai wilayah tersebut, yang menyebabkan kematian puluhan orang yang mencari makanan untuk keluarga mereka.


Israel telah melancarkan serangan mematikan di Jalur Gaza menyusul serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober.


Pemboman Israel yang terjadi kemudian telah menewaskan 30.534 orang dan melukai 71.920 lainnya dengan kehancuran massal dan kekurangan bahan-bahan kebutuhan pokok.


Perang Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.


Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Keputusan sementara pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.


Adapun Israel telah melancarkan serangan militer mematikan di Jalur Gaza sejak serangan kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober 2023, yang menurut Tel Aviv menewaskan hampir 1.200 orang.


Setidaknya 30.534 warga Palestina telah terbunuh dan 71.920 lainnya terluka di tengah kehancuran massal dan kekurangan kebutuhan pokok.


Israel juga memberlakukan blokade yang melumpuhkan Jalur Gaza, menyebabkan penduduknya, khususnya penduduk Gaza utara, berada di ambang kelaparan.


Perang Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.


Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Keputusan sementara pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.


Pariwisata Israel Mati

Konflik yang terjadi antara Palestina dan Israel di Gaza tak hanya berdampak pada korban sipil.


Perang Gaza antara tentara IDF dengan pasukan militan Hamas berdampak bagi sejumlah sektor internal Israel.


Tak hanya merugi secara materi, Israel juga mengalami kerugian besar terhadap sektor industri pariwisata.


Bahkan berdasarkan perbandingan jumlah wisatawan kuartal empat 2023 turun sebesar 81,5 persen daripada kuartal empat 2022.


Selain itu, Israel kini bisa disebut juga sebagai negara paling terisolasi di dunia gara-gara minimnya jumlah penerbangan dari negara tersebut.


Israel kini sejajar dengan Korea Utara perihal minimnya jumlah penerbangan berikut jumlah maskapai penerbangan yang masih beroperasi.


Media Turki, Yeni Safak menuliskan, Israel dalam krisis baru saat perang Gaza masih berlangsung.


Tentara Israel melancarkan serangan destruktif di wilayah Palestina menyusul serangan Hamas pada 7 Oktober, yang menurut Tel Aviv menewaskan hampir 1.200 orang.


30.534 warga Palestina telah terbunuh dan 71.920 lainnya terluka di tengah kehancuran massal dan kekurangan kebutuhan pokok.


Ketika Tel Aviv terus menggempur Jalur Gaza untuk hari ke-150, banyak maskapai penerbangan telah menangguhkan penerbangan mereka ke Israel.


Menurut penghitungan Anadolu berdasarkan angka yang dikeluarkan oleh Biro Pusat Statistik Israel, sekitar 180.000 wisatawan mengunjungi Israel pada Q4 tahun 2023, turun dari 930.000 wisatawan pada Q4 tahun 2022.


Hal ini menunjukkan penurunan sebesar 81,5 persen.


Ketika konflik Gaza pecah pada Oktober 2023, lebih dari 89.007 wisatawan mengunjungi Israel, turun 73 persen dari 333.005 pengunjung pada tahun sebelumnya.


Pada November, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Israel mencapai 38,003, turun dari 333,007 pada November 2022, dengan penurunan sebesar 78.5 persen.


Sebanyak 52,008 wisatawan mengunjungi Israel pada Desember 2023, turun dari 266,002 wisatawan pada Desember 2022, yang menunjukkan penurunan sebesar 80 persen.


Pada tahun 2023, sekitar 3 juta wisatawan mengunjungi Israel, turun dari 4,5 juta pada tahun 2019.


Pariwisata menyumbang sekitar 3 persen perekonomian Israel dan mempekerjakan sekitar 200.000 warga Israel secara langsung, menurut Kementerian Pariwisata.


Israel memperkirakan akan menerima 5,5 juta pengunjung pada tahun 2023, satu juta lebih banyak dari rekor sebelumnya yang dicapai pada tahun 2019.


Namun, Yossi Fattal, direktur Kamar Penyelenggara Pariwisata Inbound di Israel, bulan lalu menyatakan keprihatinannya tentang dampak konflik Gaza terhadap industri pariwisata negara tersebut.


Fattal mengatakan kepada surat kabar Maariv bahwa 250 maskapai penerbangan beroperasi di Israel sebelum pecahnya konflik Gaza, namun hanya 45 perusahaan yang kini beroperasi.


Demikian mengakibatkan isolasi yang sebanding dengan yang terjadi di Korea Utara.


“Hal ini menjadikan Israel salah satu negara paling terisolasi di dunia, dengan hanya 20 persen penerbangan dioperasikan oleh maskapai penerbangan selain El Al Israel,” katanya.


Perang Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.


Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional.


Keputusan sementara pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.


Krisis Tenaga Kerja


Krisis tenaga kerja di Israel memburuk ketika gelombang pengunduran diri melanda angkatan bersenjata Israel.


Pengunduran diri tersebut disampaikan juru bicara satuan tentara Israel Letkol Daniel Hagari.


Unit Juru Bicara Angkatan Darat Israel, yang dipimpin oleh Letkol Daniel Hagari, telah menyaksikan gelombang besar pengunduran diri.


Di antara mereka yang mengundurkan diri adalah komandan kedua Hagari, Kolonel Butbol, ​​serta Kolonel Moran Katz dan Juru Bicara Internasional Angkatan Darat Letnan Richard Hecht.


“Sejumlah besar perwira baru-baru ini mengumumkan pengunduran diri mereka dari unit yang bertanggung jawab atas sistem informasi militer,” lapor outlet berita Ibrani Channel 14 pada 3 Maret.


Sejumlah perwira perempuan juga termasuk di antara mereka yang mengundurkan diri.


Pengunduran diri itu terjadi “setelah segala sesuatunya tidak berjalan baik ‘secara profesional dan pribadi’,” kata koresponden Channel 14 Tamir Morg.


Beberapa petugas dilaporkan mengeluh karena tidak naik pangkat, jelas outlet Ibrani tersebut.


“Gambarannya rumit, karena ini adalah sistem militer dan terkadang orang mencapai usia pensiun dan pergi tanpa alasan tertentu, namun meskipun demikian, jumlah orang yang pensiun sekaligus selama perang tidaklah biasa,” kata koresponden tersebut.


Militer Israel belum menanggapi permintaan komentar.


Pengunduran diri tersebut terjadi ketika ketegangan signifikan melanda kekuatan militer Israel.


Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant telah menyerukan diakhirinya rancangan pengecualian bagi komunitas ultra-Ortodoks Israel, dengan alasan krisis tenaga kerja yang parah di kalangan tentara.


Gallant mengatakan dia hanya akan mendukung undang-undang untuk menyelesaikan masalah ini jika anggota tertentu dari koalisi yang berkuasa mendukungnya.


“Tentara membutuhkan tenaga kerja sekarang. Ini bukan soal politik, ini soal matematika,” kata Menteri Pertahanan pada Minggu.


Posisi Gallant menyebabkan ketegangan dengan partai-partai ultra-Ortodoks dalam koalisi, yang dipandang sebagai bagian integral dari kelangsungan pemerintahan saat ini, menurut media Ibrani.


Israel menderita kerugian besar akibat perang genosida di Gaza dan upayanya untuk memberantas perlawanan Palestina.

Meskipun Israel mengklaim bahwa kota paling selatan di Gaza, Rafah, adalah benteng terakhir Hamas, sayap militer kelompok tersebut, bersama dengan beberapa faksi lainnya, terus melakukan konfrontasi sengit dengan pasukan Israel di seluruh jalur tersebut.


“Situasinya tidak bagus dan tidak sesuai dengan peta ancaman,” Ynet melaporkan pada tanggal 1 Maret.

×