Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Terong Disebut Picu Asam Urat, Ketahui Manfaat Lainnya untuk Kesehatan

Februari 04, 2024 Last Updated 2024-02-04T07:21:32Z


Terong merupakan salah satu jenis buah yang bisa dibuat sayur dan yang banyak digemari berbagai kalangan. Sayuran ini dapat diolah menjadi berbagai macam kreasi hidangan lezat.


Enggak cuma lezat, buah berwarna ungu dengan bentuk panjang ini juga kaya akan nutrisi, serat, dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh.


Namun, beberapa orang menilai terong dapat menjadi penyebab asam urat karena mengandung suatu senyawa yang diyakini dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.


Lantas, apakah benar terong dapat memicu penyakit tertentu seperti asam urat?


Terong dapat memicu asam urat


Terong merupakan bagian dari keluarga tanaman nightshade. Beberapa jenis tanaman nightshade lain yang sering dijumpai sehari-hari yaitu paprika, tomat, cabai rawit, dan kentang.

Tanaman nightshade memiliki kandungan alkaloid yang disebut solanin, Bunda. Solanin inilah yang diyakini banyak orang dapat memperparah nyeri dan peradangan sendi pada penderita asam urat.


Meski begitu, hingga saat ini masih belum ada penelitian medis yang benar-benar membuktikan terong bisa menyebabkan atau memperburuk gejala asam urat.


Apabila pengidap asam urat curiga terong bisa memperparah kondisinya, ada percobaan sederhana yang bisa dilakukan untuk membuktikan klaim tersebut.


Bunda dapat melakukan diet rendah purin dan mengenyahkan terong dari menu sehari-hari selama beberapa minggu. Setelah itu, tingkatkan kembali konsumsi terong secara perlahan ke dalam pola makan yang sama.


Apabila terasa nyeri yang cukup signifikan, hentikan konsumsi terong dan segera berkonsultasi ke dokter.


Manfaat terong untuk kesehatan


Di balik pro dan kontra mengenai terong, sayuran berwarna ungu ini juga diketahui banyak memiliki manfaat kesehatan, Bunda. Beberapa di antaranya 


Terlepas dari klaim terong dapat memicu asam urat, ada banyak manfaat kesehatan dari buah yang satu ini. Di antaranya dapat menjaga kesehatan jantung, menjaga kadar gula darah, hingga melancarkan sistem pencernaan. 


Selain tiga hal ini, masih banyak manfaat baik lainnya terong untuk kesehatan tubuh lho.

×