Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Perang dan Kekurangan Bahan Bakar Lumpuhkan RS Terbesar di Gaza

Februari 19, 2024 Last Updated 2024-02-19T08:01:01Z

Rumah Sakit Nasser, RS terbesar kedua di Jalur Gaza Palestina lumpuh atau tak bisa beroperasi lagi pada Minggu (18/2/2024).


Sebab, RS tersebut kekurangan bahan bakar serta adanya pertempuran yang masih terjadi di wilayah tersebut.


Padahal, RS Nasser yang berada di selatan Khan Younis itu masih menampung sejumlah pasien yang menderita akibat luka perang dan krisis kesehatan yang memburuk di Gaza.


Tetapi karena tidak ada listrik dan tidak cukup staf untuk merawat mereka semua, maka RS tersebut tak bisa beroperasi lagi.


"Ini sudah tidak dapat digunakan lagi," kata juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza Ashraf al-Qidra kepada Reuters.


"Hanya ada empat tim medis dan 25 staf yang saat ini merawat pasien di dalam fasilitas tersebut," imbuhnya.


Qidra mengatakan pasokan air ke rumah sakit terhenti karena generator tidak berfungsi selama tiga hari, limbah juga membanjiri ruang gawat darurat dan staf yang tersisa tidak dapat merawat pasien dalam perawatan intensif.


"Kurangnya pasokan oksigen juga akibat tidak adanya aliran listrik telah menyebabkan kematian sedikitnya tujuh pasien," ungkapnya.


Rumah sakit di Gaza telah menjadi titik fokus perang empat bulan antara Israel dan kelompok Hamas, yang menguasai wilayah yang terkepung.


Kebanyakan dari mereka tidak dapat melakukan apa pun karena pertempuran dan kekurangan bahan bakar, sehingga menyebabkan 2,3 juta penduduk tidak memiliki layanan kesehatan yang layak.


Sebelumnya Israel telah menggerebek fasilitas medis dengan tuduhan bahwa Hamas menyimpan senjata dan sandera di rumah sakit.


Hamas beroperasi di Gaza yang berpenduduk padat tetapi menyangkal bahwa mereka menggunakan rumah sakit sebagai perlindungan.


Komunitas internasional mengatakan rumah sakit, yang dilindungi hukum internasional, harus dilindungi.


Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak Israel untuk memberikan staf PBB akses ke rumah sakit tersebut.


Sebab, pasukan Israel melakukan pengepungan dan penggerebekan untuk mencari kelompok Hamas, sehingga staf PBB tak bisa membantu pasien.


"Baik kemarin maupun sehari sebelumnya, tim @WHO tidak diizinkan masuk rumah sakit untuk menilai kondisi pasien dan kebutuhan medis kritis, meski sudah sampai di kompleks rumah sakit untuk mengirimkan bahan bakar," kata Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus di media sosial X.


Militer Israel mengatakan pasukan khusus mereka beroperasi di dalam dan sekitar RS Nasser, dan telah membunuh puluhan milisi Palestina serta menyita sejumlah besar senjata dalam pertempuran di Gaza selama beberapa hari terakhir.


Pihak militer pekan ini mengatakan pihaknya sedang memburu milisi di Nasser dan telah menangkap sedikitnya 100 tersangka di lokasi tersebut.


Pasukan Israel juga telah membunuh orang-orang bersenjata di dekat rumah sakit dan menemukan senjata di dalamnya.

×