Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pakar Asal Inggris Senggol PSSI, Sebut Hambatan Besar Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Januari 27, 2024 Last Updated 2024-01-26T23:49:23Z



Kejutan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 sebenarnya sudah diprediksi jauh hari oleh pakar asal Inggris, Steve Darby.


Menariknya, dalam prediksi yang dilontarkan itu, Steve Darby juga menyinggung masalah terbesar Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.


Hal itu berkaitan dengan modal yang dimiliki skuad asuhan Shin Tae-yong dalam membangun tim dengan para pemain tangguh di dalamnya.


Di mana Steve Darby menyentil pengelolaan sistem sepak bola Indonesia yang dinilainya buruk hingga menimbulkan ketidakstabilan.


Hal itu dirasa akan membuat Timnas Indonesia kesulitan di Piala Asia 2023, di samping Steve Darby percaya Skuad Garuda bakal tampil mengejutkan.


Sosok yang juga merupakan pundit ESPN itu bahkan sempat meyakini Timnas Indonesia bakal keluar sebagai runner-up babak penyisihan grup.


Timnas Indonesia pada akhirnya lolos ke babak 16 besar meski sempat menghela napas panjang saat Yordania takluk 0-1 dari Bahrain.


Kegelisahan fan Timnas Indonesia tak sampai di situ, di laga penentu Oman melawan Bahrain pun dibuat resah hingga 80 menit laga berjalan.


Hingga Joel Kojo sukses mengoyak jala gawang Oman dan membuat skor berimbang 1-1 sampai peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan ditiup wasit asal Kuwait.


"Indonesia punya banyak pemain bagus dan fans yang sangat antusias," ucap Steve Dabry seperti dikutip dari Superball.


"Namun pengelolaan dan pengoperasian sistem sepak bola negara ini yang kurang baik sehingga menimbulkan banyak ketidakstabilan."


"Jika mereka dapat menstabilkan situasi dan mendapat dukungan tepat waktu, mereka akan menjadi tim yang kuat."


"Karena itu, tidak mudah untuk memprediksi tim mana yang akan menempati posisi kedua grup setelah Jepang," imbuhnya.


Jika melihat apa yang dilakukan PSSI era Erick Thohir dalam beberapa tahun terakhir, pemain Timnas Indonesia saat ini didominasi pemain abroad.


Beberapa pemain dari kompetisi domestik tetap diandalkan, namun tidak semua posisi dipercayakan Shin Tae-yong kepada mereka.


Ramadhan Sananta misalnya, pemain yang cukup gacor di kompetisi domestik ini bahkan belum sempat mencicipi semenit pun waktu bermain.


Yakob Sayuri, Egy Maulana Vikri, Rizky Ridho dan Ernando Ari merupakan pemain dari kompetisi domestik yang selalu jadi andalan Shin Tae-yong di Piala Asia 2023.


Menarik dinantikan apakah di babak 16 besar nanti beberapa pemain yang belum dipercaya bermain akan mendapat kesempatan merumput.


Timnas Indonesia akan menghadapi Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023, pertandingan digelar pada Minggu (28/1/2024).


Kejutan bisa saja kembali terjadi jika pemain Timnas Indonesia konsisten dalam bermain dan sangat disiplin menjaga performa.

×