Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Media Asing Sorot Pilpres RI, Pantau Prabowo Subianto

Januari 03, 2024 Last Updated 2024-01-03T04:45:07Z


Media asing terus menyoroti pemilihan umum presiden (pilpres) RI. Nama-nama bakal calon presiden (capres) juga disebut.


Terbaru, pemberitaan tentang polling capres juga dibuat. Dituliskan bagaimana Prabowo Subianto jauh lebih unggul dibandingkan dua rivalnya, Ganjar Pranowo dan Anies Rasyid Baswedan.


Ini setidaknya dimuat media Malaysia, The Star. Media tersebut memuat sosok Menteri Pertahanan (Menhan) itu unggul dalam survei di artikel berjudul 'Defence Minister Prabowo is main contender six months ahead of polls'.


"Prabowo Subianto telah menerima dukungan dari hampir setengah dari sembilan partai politik di DPR, menempatkannya di atas dua kandidat lainnya dalam pemilihan presiden lima tahunan Indonesia yang dijadwalkan pada Februari 2024," muatnya dikutip CNBC Indonesia, Selasa (15/8/2023).


"Partai pendukung pencalonan Prabowo menguasai 46% kursi DPR," tambahnya.


Dimuat pula bagaimana dua kandidat lain berada setelah Prabowo. Di mana mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat 28% suara sementara Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memperoleh dukungan 26%.


Hal sama juga dimuat media asal Jepang, Nikkei Asia. Dituliskan bagaimana kalangan muda yang cenderung memilih Prabowo lewat artikel berjudul 'Jokowi's ex-rival gains ground in Indonesia presidential race'.


Nikkei melaporkan hasil survei lembaga survei lokal LSI bulan lalu, di mana 35,8% responden menyatakan lebih memilih Prabowo, naik 5,5 poin persentase dari jajak pendapat sebelumnya pada April. Sedangkan Ganjar menjadi pilihan 32,2% responden, naik 5,3 poin dan Anies berada di 21,4%, turun 3,9 poin.


"Pengelompokan berdasarkan kelompok usia menunjukkan Prabowo semakin populer di kalangan pemilih muda. Dari responden berusia 21 tahun ke bawah, 46,5% menyukai Prabowo. Di antara usia 22 hingga 25 tahun, 39,1% adalah untuk menteri pertahanan, yang juga disukai oleh 39,5% dari usia 26 hingga 40 tahun," tulis Nikkei.


Media ini juga menggarisbawahi bagaimana Prabowo menggaet para pemilih muda. Salah satunya lewat kunjungan Prabowo ke salah satu restoran mie populer dan menggunggahnya di Instagram pribadi.


"Di sana ia berinteraksi dengan orang-orang muda di sekitar meja dan berfoto selfie dengan staf dan pengemudi ojok online," muatnya.


"Dengan jabatan tersebut, Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto menampilkan dirinya sebagai pilihan populer di antara semakin banyak pemilih muda sebelum rakyat Indonesia memilih presiden berikutnya," tulis Nikkei.


"Setelah gagal dalam dua tawaran terakhirnya untuk pekerjaan itu, pria berusia 71 tahun itu kali ini menjangkau pemilih muda di negara terpadat keempat di dunia," tambah media itu lagi.


Nikkei juga menyebut banyak dari 114 juta penduduk muda di Indonesia sebenarnya lahir setelah tiga dekade kediktatoran Presiden Suharto berakhir pada tahun 1998. Kemudian media itu menggaitkan Prabowo dengan pemimpin rezim orde baru (orba itu).


"Pada 1990-an, Prabowo adalah komandan pasukan khusus negara di bawah Soeharto, ayah mertuanya saat itu. Ia diduga terlibat dalam penindasan Suharto terhadap gerakan pro-demokrasi," kata media itu lagi.


×