Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kesal Penerbangan Delay 5 Jam, Penumpang Pria Nekat Buka Pintu darurat dan Berjalan di Sayap Pesawat

Januari 30, 2024 Last Updated 2024-01-30T03:05:35Z


Bandara Internasional Mexico City mengakui dalam pernyataannya bahwa seorang pria membuka pintu darurat dan berjalan keluar dari sayap pesawat yang diparkir pada Kamis (25/1/2024).


Diketahui pesawat tersebut hendak lepas landas, namun penumpang harus menunggu selama hampir 5 jam lamanya.


Pihak bandara membuat pernyataan pada Jumat (26/1/2024) dan menambahkan bahwa pria tersebut telah diserahkan ke polisi.


Puluhan penumpang lainnya menandatangani salinan tertulis pernyataan yang mengatakan bahwa maskapai tersebut membuat mereka menunggu selama 4 jam tanpa ventilasi atau air padahal penerbangan ditunda.


Berdasarkan foto-foto pernyataan yang diunggah secara online, sesama penumpang mengatakan pria itu bertindak "untuk melindungi semua orang, dengan dukungan semua orang."


Bandara mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Kemarin seorang penumpang dalam penerbangan ke Guatemala membuka pintu darurat di pesawat ketika pesawat itu diam di posisi yang jauh, berdiri di sayap dan kemudian masuk kembali ke kabin, tanpa mempengaruhi pesawat atau siapa pun. kalau tidak."


"Sesuai dengan peraturan keamanan internasional, orang ini menyerahkan dirinya kepada pihak berwenang," imbuhnya.


Setidaknya 77 penumpang pesawat AeroMexico menuju Guatemala menandatangani pernyataan yang ditulis tangan di kertas catatan, foto-fotonya diunggah di media sosial, mendukung tindakan pria tersebut.


"Penundaan dan kurangnya pasokan udara menciptakan kondisi yang membahayakan kesehatan para penumpang. Dia menyelamatkan nyawa kami," menurut pernyataan itu.


Sebuah laporan insiden yang diajukan ke otoritas bandara sebagian besar membenarkan versi tersebut.


"Sekitar pukul 11.37, sebuah maskapai penerbangan Meksiko melaporkan awal mula gangguan akibat ketidakpuasan penumpang pada penerbangan AM672," menurut laporan tersebut.


"Penerbangan tersebut sedianya lepas landas pada hari Kamis pukul 8:45 pagi, namun karena adanya peringatan pemeliharaan di pesawat, kapten harus kembali ke gerbang untuk melakukan pemeliharaan yang diperlukan," sambungnya.


Laporan itu menyebutkan bahwa salah satu penumpang membuka pintu darurat.


"Para penumpang tidak senang dan salah satu dari mereka membuka pintu darurat dan keluar dari sayap. Peristiwa ini mengharuskan pesawat diubah," kata laporan itu.


Otoritas bandara tidak mengidentifikasi pria tersebut, dan mereka menolak berkomentar apakah dia masih ditahan atau menghadapi tuntutan.


Situs pelacakan penerbangan mengonfirmasi bahwa penerbangan AM672 ke Guatemala City tertunda selama 4 jam 56 menit pada hari Kamis.


Sebuah video yang tampaknya direkam di dalam pesawat menunjukkan para penumpang mengipasi diri mereka sendiri dan meminta air kepada pramugari.


AeroMexico tidak segera menanggapi permintaan komentar melalui email.

×