Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Israel Rilis Video Hamas Serang Seoul Korea, Ada Apa?

Januari 02, 2024 Last Updated 2024-01-02T07:18:58Z

 

Kedutaan Besar (Kedubes) Israel di Korea Selatan (Korsel) merilis video Hamas menyerang ibu kota negara itu, Seoul. Ini terjadi saat Tel Aviv sedang menyerang Gaza, Palestina, dengan dalih menghancurkan milisi itu setelah diserang pada 7 Oktober lalu.

Dalam akun Facebooknya, video yang dirilis itu menggambarkan skenario menyedihkan di mana seorang wanita Korsel di ibu kota diculik oleh penyerang bersenjata pada Hari Natal. Bahkan dipisahkan secara paksa dari putrinya yang masih kecil.


"Pada tanggal 7 Oktober, Israel diserang oleh teroris Hamas. 1.200 pria, wanita dan anak-anak terbunuh, dan lebih dari 240 orang disandera di Gaza," tulis video itu dikutip Channel News Asia (CNA), Kamis (28/12/2023).


"Bayangkan jika hal itu terjadi padamu. Apa yang akan kamu lakukan?," video itu menambahkan.


Duta Besar Israel di Seoul, Akiva Tor, mengatakan dalam sebuah postingan media sosial bahwa video itu dibuat untuk memberikan gambaran bagi warga Korsel terkait perangnya di Gaza. Hal ini, klaimnya, adalah rekonstruksi.


"Kami telah merekonstruksi insiden teroris mengerikan yang terjadi pada tanggal 7 Oktober untuk membantu warga Korsel di Asia Timur, jauh dari Israel, untuk memahami situasi perang saat ini," ujarnya


Video itu pun mendapatkan penolakan keras dari Seoul. Kementerian Luar Negeri Korsel mengatakan video tersebut dianggap tidak pantas dan telah meminta Kedubes Israel untuk menghapusnya.


"Pembunuhan dan penculikan warga sipil Israel oleh Hamas tidak dapat dibenarkan, namun produksi dan distribusi video yang dibuat oleh Kedutaan Besar Israel yang menggambarkan situasi keamanan di negara lain dianggap tidak pantas," kata Kementerian Luar Negeri Korsel dalam pernyataannya.


"Kami telah menyampaikan posisi kami kepada Kedubes Israel di Korsel, dan pihak Israel telah mengambil tindakan untuk menghapus video tersebut," tambahnya.


Israel telah berulang kali berjanji untuk melanjutkan kampanyenya di Gaza untuk menghancurkan Hamas sebagai pembalasan atas serangan berdarah pada 7 Oktober, yang menyebabkan sekitar 1.140 orang tewas. Hamas juga menyandera sekitar 250 orang, 129 diantaranya masih disandera.


Meski begitu, serangan Israel ke Gaza banyak mendapatkan penolakan dunia. Pasalnya, hingga saat ini, serangan Tel Aviv ke wilayah itu telah menewaskan sedikitnya 21.110 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak.


×