Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dukung Hamas di Gaza, Hizbullah Bombardir Israel dari Lebanon

Januari 08, 2024 Last Updated 2024-01-08T08:56:09Z



Aksi saling tembak bereskalasi di perbatasan Lebanon dengan Israel pada Kamis (16/11/2023). Kelompok bersenjata Lebanon Hizbullah mengatakan mereka telah menembakkan rudal ke delapan posisi di seberang perbatasan dan Israel mengatakan mereka membalas dengan artileri.


Dalam pernyataannya, Hizbullah yang didukung Iran mengatakan mereka telah menyerang delapan lokasi di Israel, termasuk sekelompok tentara Israel, barak dan pos militer lainnya.


Sumber keamanan Lebanon yang dikutip Reuters mengatakan pengeboman Israel, termasuk serangan pesawat tak berawak, menghantam setidaknya selusin desa di sepanjang perbatasan selatan Lebanon.


Militer Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah menyerang sebuah "sel" di Lebanon yang mencoba meluncurkan rudal anti-tank ke arah Israel dan menembakkan artileri ke sasaran lain.


Sumber keamanan Lebanon mengatakan ini adalah salah satu hari paling penuh kekerasan di sana sejak Hizbullah memulai baku tembak dengan pasukan Israel menyusul pecahnya perang Hamas-Israel pada 7 Oktober.


Pernyataan Hizbullah mengatakan serangannya adalah "untuk mendukung rakyat Palestina yang teguh di Jalur Gaza".


Baku tembak tersebut menandai kekerasan paling mematikan di perbatasan sejak Israel dan Hizbullah berperang selama sebulan pada tahun 2006.


Lebih dari 70 pejuang Hizbullah dan 10 warga sipil tewas di Lebanon, dan 10 orang termasuk tujuh tentara tewas di Israel. Ribuan orang lainnya dari kedua belah pihak melarikan diri dari serangan. [SB]

×