Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Banyak yang Tak Tahu, Ini Arti 'Amin' dalam Bacaan Shalat

Januari 10, 2024 Last Updated 2024-01-10T04:10:25Z



Kata 'amin' tiba-tiba jadi polemik jelang pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Ini bermula setelah Ketua.


Umum PAN Zulkifli Hasan menyebut bahwa ada sebagian orang yang ragu mengucap 'amin' ketika shalat berjamaah lantaran kata tersebut identik dengan pasangan calon nomor urut satu Anies-Muhaimin yang disingkat menjadi AMIN. 


Lantas, apa sebenarnya arti kata 'amin' dalam agama Islam?


Mengutip NU Online, hukum mengucap 'amin' ketika imam selesai membaca surat Al-Fatihah dalam shalat berjamaah adalah sunnah. Ini sesuai dengan hadist berikut:


عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: إِذَا أَمَّنَ الإِمَامُ فَأَمِّنُوا فَإِنَّهُ مَنْ وَافَقَ تَأْمِينُهُ تَأْمِينَ الْمَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ. (رواه مسلم)


Artinya, "Diriwayatkan dari Abu Hurairah ia berkata: "Sungguh Rasulullah saw bersabda: "Ketika Imam membaca amin maka kalian bacalah amin pula. Sebab sungguh orang yang bacaan aminnya berbarengan dengan imam maka akan terampuni dosanya yang telah lewat." (HR Muslim).


Arti kata 'amin' 


Ahli tafsir Indonesia Quraish Shihab menjelaskan kata 'amin' memiliki banyak makna. Misalnya, dalam Al Quran Surat Yusuf ayat 54, kata 'amin' di sana merujuk pada orang-orang yang bisa dipercaya. Namun, arti dan makna amin sebetulnya lebih luas.


Imam an-Nawawi dalam kitabnya an-Tibyan Fi Adabi Hamalati al-Quran menjelaskan makna amin sebagai berikut:


1. Yaa Allah perkenankanlah!


2. Yaa Allah! Lakukanlah!


3. Demikian itu Yaa Allah. Semoga Engkau mengabulkannya.


4. Jangan kecewakan kami, Yaa Allah!


5. Amin berfungsi layaknya stempel doa dari hamba untuk Allah SWT. [SB]

×