Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Penyebab Nathan Tjoe-A-On Batal Ambil Sumpah WNI Bareng Jay Idzes pada Kamis 28 Desember 2023

Desember 28, 2023 Last Updated 2023-12-28T02:25:20Z

Swansea City, Nathan Tjoe-A-On, sejatinya akan menjalani pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) bersamaan dengan Jay Idzes pada Kamis (28/12/2023). Tapi sayangnya hanya Idzes saja yang akan ambil sumpah WNI pada esok hari.


Sebagaimana diketahui, proses naturalisasi Idzes dan Nathan sudah disetujui dalam sidang Paripurna DPR. Sehingga dua pemain ini sudah bisa segera diambil sumpah WNI.


Melalui surat yang beredar, terdapat nama Nathan dan Idzes yang akan mengambil sumpah WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Kamis (28/12) jam 08.00 WIB. Namun, hanya Izes saja yang besok akan diambil sumpah.


Lantas absennya Nathan pun menjadi tanda tanya. Mengapa dia tidak bisa ikut ambil sumpah WNI bersama Idzes pada esok hari. Ternyata, pemain berusia 22 tahun itu berhalangan hadir karena ada urusan dengan klubnya, Swansea.


“Sebenarnya bukan hanya Jay Idzes yang diundang untuk menjalani upacara sumpah WNI, namun juga Nathan Tjoe-A-On,” tulis artikel PSSI dalam situs resminya, Rabu (27/12/2023).


“Hanya saja, pemain Swansea City itu berhalangan hadir karena masih ada urusan dengan klubnya,” sambung pernyataan tersebut.



Belum diketahui pasti kapan Nathan akan menjalani proses pengambilan sumpah WNI. Sementara itu, Idzes yang akan diambil sumpah WNI pada esok hari, sudah tiba di Tanah Air pada hari Rabu (27/12/2023) sore WIB.

Seperti diketahui, pada September 2023, pemain bernama lengkap Jay Noah Idzes itu sudah bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Pertemuan itu sekaligus pengumuman kalau dirinya adalah calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Proses naturalisasi Idzes terbilang berlangsung singkat. Pada awal Desember ini, Komisi III dan X DPR RI menyetujui pengajuan naturalisasi keduanya. Sehari berselang Paripurna DPR mengetuk palu persetujuan.

Sebelum Idzes, PSSI telah merampungkan naturalisasi beberapa pemain keturunan. Pemain yang dimaksud adalah Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Justin Hubner. [SB]
×