Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Mengapa negara Thailand tidak pernah dijajah oleh bangsa asing dan eropa?

Desember 25, 2023 Last Updated 2023-12-25T06:39:47Z

Salah satu alasan utama mengapa Thailand tetap merdeka adalah kepemimpinan bijak Raja Chulalongkorn yang juga dikenal sebagai Rama V, dari tahun 1868 hingga 1910. 


Beliau mengenali ancaman kolonialisme yang menghampiri dan dengan cerdas mengadopsi kebijakan-kebijakan modernisasi dan reformasi.


Faktor kekayaan alam menjadi salah satu alasan Thailand tidak pernah dijajah oleh bangsa lain. 


Thailand memang tidak memiliki tanah yang subur atau sumber daya alam melimpah seperti halnya negara-negara lain di Asia Tenggara. Hal itu membuat bangsa asing tidak tertarik untuk menjajah Thailand.

Raja Chulalongkorn yang merupakan raja terbesar di Thailand mengadopsi beberapa kebiasaan Eropa untuk mencegah terjadinya penjajahan. 


Selain itu, Raja juga melakukan upaya diplomatik kepada Inggris yang akhirnya meminimalkan kemungkinan untuk dijajah oleh. 


Kenapa namanya Thailand?


Nama Thai sendiri berasal dari kata Thai dan land yang dalam Bahasa Inggris artinya negeri orang Thai. Thai sendiri memiliki arti lain yaitu "merdeka, orang-orang yang merdeka", sehingga Thailand juga bisa disebut negeri orang-orang yang merdeka.


Bangsa Eropa.Raja Chulalongkorn yang merupakan raja terbesar di Thailand mengadopsi beberapa kebiasaan Eropa untuk mencegah terjadinya penjajahan. 


Apa nama lambang negara Thailand?


Di Thailand figur Garuda digunakan sebagai perlambang keluarga kerajaan dan otoritas. Lambang ini disebut Krut Pha. 


Yang dapat diartikan "garuda sebagai wahana dewa Wishnu". Lambang ini menjadi lambang negara Thailand sekaligus lambang Raja Thailand. Sedangkan di Ulan Bator, sebutan bagi Garuda adalah Khangarid.


Apa julukan julukan negara Thailand?

Tidak hanya itu saja, Thailand mendapatkan julukan sebagai Lambung Padi jika dilihat dari sisi perekonomian. 


Tidak heran jika negara tersebut menjadi negara produksi beras tertinggi di dunia. Thailand juga dijuluki sebagai Negara Penuh Senyuman toilet di sana terbagi menjadi tiga: wanita, pria, dan transgender.

×