Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kisah Ashabul Kahfi

Desember 23, 2023 Last Updated 2023-12-23T07:37:02Z



Ashabul Kahfi merupakan kisah orang-orang yang bukan nabi dan rasul. Dalam kisah Ashabul Kahfi diketahui bahwa jumlah pemuda yang tertidur sebanyak tujuh orang. Mereka tertidur di dalam gua. Mereka bertujuh melarikan diri bersama dengan seekor anjing yang kemudian menjadi penjaga mereka selama tertidur.


Mengenal Kisah dan Keteladanan Ashabul Kahfi 


Ashabul Kahfi merupakan kisah sekelompok pemuda yang menghindari kezaliman penguasa demi mempertahankan aqidah mereka dan keleluasaan beribadah kepada Allah Swt. Kisah tersebut tercantum dalam Al-Qur'an surah ke-18, Allah Swt, surah itu diberi nama Al-Kahfi sesuai dengan nama kelompok pemuda tersebut.


Siapa saja pemuda Ashabul Kahfi?


Nama 7 pemuda ashabul kahfi dan anjingnya yang beriman kepada Allah yakni, Maksalmina, Tamlikha, Martunus, Kastunus, Bairunus, Yathbunus dan Danimus. Sedangkan nama anjingnya yakni Qithmir.


Apa arti dari nama ashabul kahfi


Secara harfiah, Ashabul Kahfi berarti penghuni gua, dan kisah mereka mengandung pelajaran-pelajaran yang mencerahkan bagi umat Islam.


Ashabul Kahfi hidup di zaman apa?


Kisah Ashabul Kahfi diperkirakan terjadi pada masa kaisar Romawi yang bernama Gaius Messius Quintus Decius. Dia memerintah dalam rentang tahun 249-251 M. Sejak zaman Kaisar Nero (54-58), orang-orang yang meyakini kebenaran risalah Nabi Isa AS kerap menjadi sasaran kekerasan.

Mengapa Allah menidurkan Ashabul Kahfi?


Mereka berdoa dan memohon perlindungan kepada Allah SWT agar terhindar dari kejaran tentara Raja Decyanus. Allah SWT kemudian menutup pendengaran dan penglihatannya sehingga tertidur dalam waktu yang cukup lama, yakni 309 tahun.
×