Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Israel Gunakan Bom Fosfor Putih Buatan AS untuk Serang Lebanon,Dilaporkan Ditembakkan Juga di Gaza

Desember 12, 2023 Last Updated 2023-12-12T06:08:40Z

Israel disebut menggunakan bom fosfor putih untuk lakukan penyerangan di Lebanon.


Dan rupanya bom fosfor putih tersebut, merupakan buatan Amerika Serikat (AS).


Penyerangan yang dilakukan Israel ke Lebanon tersebut terjadi pada Oktober 2023 lalu, tepatnya di Lebanon Selatan.


Akibatnya penyerangan itu melukai sedikitnya sembilan warga sipil dan membakar setidaknya empat rumah, menurut analisis Washington Post terhadap pecahan peluru yang ditemukan di desa Dheira.


Seorang jurnalis yang bekerja untuk surat kabar tersebut, menemukan sisa-sisa tiga peluru artileri 155 mm yang ditembakkan ke desa kecil, yang terletak di dekat perbatasan dengan Israel, mengutip Al Jazeera.


Kode produksi yang ditemukan pada peluru tersebut cocok dengan nomenklatur yang digunakan oleh militer AS untuk mengkategorikan amunisi yang diproduksi di dalam negeri.


Dan yang menunjukkan bahwa amunisi tersebut dibuat oleh depot amunisi di Louisiana dan Arkansas pada tahun 1989 dan 1992, kata laporan itu.


"Warna hijau muda dan tanda lainnya seperti WP yang tercetak di salah satu cangkang konsisten dengan bulatan fosfor putih," menurut pakar senjata yang dikutip dalam publikasi tersebut.



Sementara diberitakan sebelumnya, pada bulan Oktober, tak lama setelah serangan di Lebanon tersebut, investigasi Human Rights Watch mengatakan rekaman terverifikasi yang diambil di Lebanon dan Gaza menunjukkan penggunaan fosfor putih yang ditembakkan artileri berulang kali di pelabuhan Kota Gaza dan dua lokasi pedesaan di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon.


Tentara Israel Kembali Tewas


Tentara Israel berkumpul di dekat perbatasan dengan Jalur Gaza pada 5 Desember 2023, di tengah berlanjutnya pertempuran antara Israel dan kelompok militan Hamas.

Lima tentara Israel tewas dalam penyergapan yang dilakukan oleh kelompok Hamas di kota Khan Younis di Jalur Gaza selatan, Senin (11/12/2023).

Laporan dari militer Israel itu mengatakan para prajurit dari Batalyon 8111 Brigade 5 tewas ketika sebuah alat peledak diledakkan di dekat sebuah sekolah di kota itu.

Menurut pihak militer, helikopter tempur dan jet tempur dikerahkan untuk melakukan serangan terhadap orang-orang bersenjata Palestina, mengutip Anadolu Agency.

Tentara Israel juga menyebut 433 tentara telah tewas sejak pecahnya konflik Gaza pada 7 Oktober.

Dan Israel melanjutkan serangan militernya di Jalur Gaza pada 1 Desember setelah berakhirnya jeda kemanusiaan selama seminggu dengan kelompok Palestina Hamas.

Hampir 18.000 warga Palestina telah tewas dan lebih dari 49.229 lainnya terluka dalam serangan udara dan darat tanpa henti di wilayah tersebut sejak 7 Oktober menyusul serangan lintas batas oleh Hamas, menurut otoritas kesehatan Gaza.

Korban tewas Israel dalam serangan Hamas mencapai 1.200 orang, menurut angka resmi. [SB]
×