Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Gibran Serang Gus Imin soal SGIE, Malah 'Nyontek' Catatan saat Ditanya Balik

Desember 23, 2023 Last Updated 2023-12-23T02:04:43Z


Jakarta: Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengaku tidak mengerti istilah SGIE oleh cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka. Namun, Gibran pun ‘menyontek’ catatan ketika menjelaskan singkatan dari istilah tersebut. 

 

Gibran Rakabuming mendapat kesempatan untuk memberikan satu pertanyaan kepada Muhaimin Iskandar. Ia pun menanyakan bagaiamana cara Cak Imin menaikan peringkat Indonesia di SGIE (State of the Global Islamic Economy). 


“Gus Muhaimin ini adalah ketua umum PKB, saya yakin gus Muhaimin paham masalah ini. Bagaimana langkah gus muhaimin untuk menaikan peringkat di SGIE?” tanya Gibran dalam acara debat cawapres 2024 di JCC, Jakarta Pusat, pada Jumat, 22 Desember 2023. 


Cak Imin tampak bingung saat mendengar istilah SGIE. Maka saat gilirannya untuk menjawab, ia lebih memilih untuk memastikan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan SGIE. 

 

“Apa itu SGIE? Saya tidak pernah mendengar istilah SGIE,” jawab Cak Imin. 

 

“SGIE adalah State of the Global Islamic Economy. Misalnya, sekarang yang sudah masuk peringkat 10 besar adalah makanan halal kita, skincare halal kita, fashion halal kita. Nah itu yang saya maksud, Gus,” jelas Gibran. 

 

Di akhir pemaparannya, Gibran meminta maaf sekaligus bercanda jika pertanyaan yang diberikan tergolong sulit. Namun, Gibran pun harus ‘menyontek’ catatan yang dimiliki saat menjelaskan kepada Cak Imin perihal SGIE. 


Gibran Rakabuming saat menjelaskan SGIE kepada Cak Imin. Foto: tangkapan layar MetroTV

 

Tak hanya itu, netizen juga menyeroti pernyataan Gibran tersebut. Mereka menyebut, cara Gibran mengeja istilah SGIE salah. SGIE merupakan singkatan dari rangkaian kata berbahasa Inggris, maka seharusnya juga diucapkan dengan pengejaan alfabet Inggris.  


“Yang dimaksud Gibran ini kan literasi bahasa Inggris. Harusnya Gibran juga spellingnya “Es Ji Ai I” bukan “Es Ge I E” wkwkwk,” cuit @dalgona27. 

 

“Tanya biasa aja lah. Gak semua orang tau istilah-istilah dan akronim spesifik kayak gitu,” tulis @romeogadungan. 


Sebagai informasi, SGIE atau State of the Global Islamic Global adalah data yang menunjukkan kemajuan Indonesia dalam inovasi di sejumlah aspek ekonomi syariah, misalnya adalah produk makanan halal. Menurut SGIE Reports 2022, makanan halal Indonesia meraih peringkat kedua.  [SB]

×