Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Ganjar Komentari Gaya Debat Gibran Mirip Jokowi: Namanya Juga Anak

Desember 24, 2023 Last Updated 2023-12-23T22:21:19Z


Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo angkat suara soal cara debat cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka yang beberapa kali menggunakan istilah-istilah asing.


Ganjar mengaku dirinya tidak terlalu memusingkan ihwal cara berdebat yang dilakukan Gibran. Menurutnya, Gibran memang sengaja menggunakan istilah asing agar membuat lawan kesulitan.


"Ya, enggak apa-apa, orang namanya juga ingin mencari sesuatu yang barang kali orang lain akan kesulitan menjawab," ujarnya kepada wartawan di Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (23/12).


Ia menilai tidak ada sesuatu yang luar biasa dengan istilah State of the Global Islamic Economy (SGIE) ataupun Carbon Capture Storage yang sempat ditanyakan Gibran. Hanya saja, kata dia, lebih baik Gibran membahas hal-hal yang jauh lebih substantif saat debat.


Ganjar juga menyoroti cara pengejaan kata SGIE yang dilakukan Gibran saat bertanya kepada Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar. Menurutnya jika singkatan tersebut dieja dengan tepat menggunakan Bahasa Inggris, bukan tidak mungkin Cak Imin akan paham pertanyaan yang diajukan.


"Sebenarnya enggak papa, tapi lebih bagus lagi hal yang substantif disampaikan. Kalau itu SGIE kalau mungkin membacanya pakai bahasa Inggris karena itu singkatan bahasa Inggris, Es Ji Ai I (ejaan Inggris) umpama gitu, orang akan mikir apa ya," jelasnya.


Lebih lanjut, Ganjar mengingatkan strategi debat dengan menggunakan istilah asing tersebut juga pernah dilakukan pada periode debat caprescawapres sebelumnya.


"Tapi dalam teknik debat, debat presiden sebelumnya juga pernah terjadi seperti itu he-he," imbuhnya.


Ia juga setuju dengan pernyataan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto yang menyebut gaya debat Gibran meniru cara Presiden Joko Widodo.


"Ya, namanya juga anaknya (Jokowi)," tuturnya.


Sebelumnya, SGIE atau State of the Global Islamic Economy sempat dibahas dalam debat cawapres pertama. Hal ini ditanyakan oleh cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka kepada cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin).


Mulanya Gibran menyampaikan bahwa Cak Imin akan sangat mengerti mengenai permasalahan yang akan ditanyakan kepada dirinya. Dia bertanya kepada Cak Imin soal upaya menaikkan peringkat Indonesia di SGIE.


"Bagaimana langkah Gus Muhaimin untuk menaikkan peringkat Indonesia di SGIE?" tanya Gibran dalam arena Debat Cawapres di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023).


Cak Imin sempat mengaku tidak tahu. "Terus terang SGIE saya enggak paham, SGIE itu apa?" kata Imin.


Setelah Gibran menjelaskan soal SGIE, Cak Imin pun menjelaskan, ada beberapa hal yang menjadi solusi menaikkan SGIE di Indonesia. Namun dia hanya sempat menyebut satu poin saja sampai waktu habis. [SB]

×