Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Drone Emprit Bilang SGIE Bawa Sentimen Negatif ke Gibran

Desember 25, 2023 Last Updated 2023-12-25T04:21:27Z



Istilah Indonesia di State of the Global Islamic Economy (SGIE) mendadak ramai usai debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang digelar perdana pada Jumat malam, (22/12/2023) di JCC, Jakarta. Berawal dari pertanyaan yang diajukan Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka kepada Cawapres Nomor Urut 1 Muhaimin Iskandar.


"Karena Gus Muhaimin ini adalah Ketua Umum dari Partai PKB, saya yakin Gus Muhaimin paham, bagaimana langkah untuk menaikkan peringkat Indonesia di SGIE?" tanya Gibran dalam debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta pada Jumat (22/12/2023).


Namun Cak Imin menanggapi pertanyaan Gibran dengan menyebut tak paham apa itu SGIE. "Saya tidak pernah mendengar istilah ini," akunya.


Interaksi ini kemudian menjadi sorotan, baik oleh reaksi langsung peserta yang hadir di lokasi debat Cawapres. Maupun warganet.


Drone Emprit pun menganalisis 'keriuhan' baru usai debat Cawapres tersebut.


Menurut Drone Emprit, pertanyaan soal SGIE yang dilontarkan justru menjadi sentimen negatif bagi Gibran.


Menurutnya, total percakapan tentang SGIE cukup tinggi untuk ukuran sebuah isu kurang dari 24 jam, yaitu lebih dari 3.500 mention. Hanya saja, 71% diantaranya justru memuat sentimen negatif terhadap Gibran.


"Dari total 35.500 mention lebih, 71 persen sentimennya negatif, 24 persen positif, dan 5 persen netral. Total akun X yang turut dalam percakapan ini minimal 18.200 akun," kata Founder Drone Emprit Ismail dalam unggahan di akun media sosial X-nya seperti dikutip CNN Indonesia, Sabtu (23/12/2023).


"Dari analisis ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan istilah SGIE tanpa memberi penjelasan, memberi sentimen yang sangat negatif kepada Gibran," tambahnya.


Dia mengatakan, sentimen negatif yang terbentuk dari hasil percakapan tersebut membentuk klaster tersendiri yang cukup besar. Di mana, klaster tersebut cenderung berisikan akun X yang cenderung pro-AMIN, pro-Mahfud MD, dan netral.


Menurut analisis Drone Emprit, ada warganet merasa Gibran terjebak dalam pertanyaan yang tidak dia pahami dan harus membaca teks untuk menjawabnya.


"Beberapa netizen mengkritik Gibran karena menguji pengetahuan lawan dengan pertanyaan yang dianggap tidak penting. Ada yang menyebut bahwa pertanyaan Gibran tentang SGIE bukan untuk mendapatkan jawaban, melainkan hanya untuk mencari ketidaktahuan lawan," pungkasnya. [SB]

×