Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Apple Watch Dilarang Dijual, Ini Alasannya

Desember 27, 2023 Last Updated 2023-12-27T05:54:42Z



Apple Watch ditarik dari pasar Amerika Serikat, menyusul sengketa paten yang digugat oleh Komisi Perdagangan Internasional (ITC).


Adapun model yang terdampak adalah Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2. Apple mengatakan kedua produk itu akan ditarik dari toko online resminya mulai 21 Desember 2023.


Untuk toko offline di berbagai lokasi, kedua seri Apple Watch tersebut tak bisa lagi dibeli mulai 21 Desember, demikian dikutip dari Business Insider, Jumat (22/12/2023).


ITC menetapkan kedua model Apple Watch menggunakan teknologi pendeteksi oksigen dalam darah. Hal ini melanggar paten dari perusahaan teknologi kesehatan bernama Masimo.


Sebagai informasi, Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 memang disematkan fitur yang bisa memberikan informasi soal tingkat oksiden dalam darah.


Dengan begitu, pengguna bisa mengetahui apakah sel darah merahnya memiliki jumlah oksigen yang normal atau tidak.


Namun, Masimo yang fokus memproduksi perangkat medis mengatakan Apple telah melanggar paten milik mereka. Masimo menggugat Apple pada 2020 lalu di Pengadilan Pusat California.


Kasus ini juga dibawa ke ITC pada 2021. ITC membuat keputusan pada Oktober 2023 yang memenangkan Masimo dan membuat Apple harus menerima konsekuensi.


Kendati begitu, Apple masih punya harapan untuk kembali menjual kedua produknya. Syaratnya adalah Presiden Joe Biden memveto putusan ITC dalam waktu 60 hari setelah ditetapkan.


Apple mengatakan para pemilik Watch Series 9 dan Ultra 2 yang sudah telanjur membeli dua produk itu tak akan terkena dampak. Fitur pendeteksi oksigen dalam darah juga akan tetap berfungsi. Namun, peminat yang baru berencana membeli kedua model tersebut agaknya perlu mengurungkan niat. [SB]


×