Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Apa itu Gemini AI dari Google dan Cara Pakainya

Desember 11, 2023 Last Updated 2023-12-11T02:51:10Z

Google baru saja merilis Artificial Intelligence (AI) terbaru mereka. AI ini diberi nama Gemini yang diklaim Google memiliki kemampuan penalaran yang dapat menjawab pertanyaan sulit dengan tepat.

Pendiri Google DeepMind, Demis Hassabis, menyebut Gemini sebagai model terbaik yang pernah dikerjakan oleh Google.


"Hari ini, kami selangkah lebih dekat dengan visi ini saat kami memperkenalkan Gemini, model paling cakap dan umum yang pernah kami bangun," ungkapnya dalam sebuah tulisan di blog resmi Google yang dikutip detikINET, Jumat (8/12/2023).

Ia juga menyebut Gemini sebagai AI yang dapat mengolah berbagai jenis file seperti teks, kode, audio, gambar bahkan video.


"Gemini adalah hasil dari upaya kolaborasi skala besar oleh tim di seluruh Google, termasuk kolega kami di Google Research. Itu dibangun dari bawah ke atas menjadi multimodal, yang berarti dapat menggeneralisasi dan memahami, beroperasi secara mulus dan menggabungkan berbagai jenis informasi termasuk teks, kode, audio, gambar dan video," lanjutnya.


Bagaimana Cara Pakai Gemini?

Gemini sejatinya dapat digunakan hanya dengan melalui akun Google yang dimiliki pengguna. Selain itu, Google juga menyematkan Gemini pada ponsel terbaru mereka, Pixel 8 Pro.


Cara Pakai Gemini dengan Chatbot Bard AI Google


Pengguna hanya perlu memasukan akun Google pengguna pada laman Bard untuk log in. Setelah itu beri perintah apapun pada Bard. Saat ini Bard sudah didukung oleh salah satu model dari Gemini yaitu Gemini Pro.


Beberapa waktu ke depan, Google juga berencana untuk meluncurkan versi baru Bard yang sudah dilengkapi Gemini dengan versi lebih upgrade yaitu Gemini Ultra yang dapat memberikan pengalaman chatbot dengan lebih baik.


Cara Pakai Gemini di Google Pixel 8


Pada ponsel ini, Gemini bisa diakses dalam kondisi offline. Google Pixel 8 didukung oleh Gemini Nano.


Terdapat fitur Smart Reply yang dapat merekomendasikan saran balasan pada chat di WhatsApp pada Google Pixel 8. Untuk mengaksesnya lakukan langkah berikut:


Buka 'Pengaturan'

Klik 'Opsi Pengembang'

Buka menu 'Pengaturan AiCore'

Aktifkan AiCore Persistent. [SB]



×