Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Apa Itu Bakteri Shigella yang Serang Tentara Israel di Gaza?

Desember 12, 2023 Last Updated 2023-12-12T13:58:43Z


 
Sejumlah anggota Pasukan Pertahanan Israel atau Israel Defense Forces (IDF) yang ikut serta dalam serangan darat di Gaza mengalami penyakit pencernaan serius.

Laporan BBC menyebut bahwa para dokter di IDF melaporkan bahwa sekelompok tentara yang ditugaskan di Gaza mengalami penyakit usus serius. Direktur Unit Penyakit Menular di Rumah Sakit Assuta Ashdod University, dr. Tal Brosh, mengatakan bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri shigella.


Lantas, apa itu bakteri shigella?


Shigella adalah jenis bakteri yang mengeluarkan racun dan menyerang saluran pencernaan. Bila masuk ke dalam tubuh, shigella mampu menimbulkan disentri alias peradangan atau infeksi pada usus yang disebut "shigellosis".


Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), shigella dapat menyebar melalui kontak langsung atau tidak langsung dengan kotoran (feses) dari pasien yang terinfeksi. Selain itu, ada beberapa cara penyebaran shigella, yakni.


  • Mengonsumsi makanan yang disiapkan oleh penderita shigella


  • Mengonsumsi air yang terkontaminasi dengan kotoran


  • Menggunakan peralatan toilet atau barang lain yang terkontaminasi shigella


  • Mengganti popok anak penderita shigella


  • Berkontak dengan feses orang yang terinfeksi saat berhubungan seks


"Shigella sering ditemukan di kalangan tunawisma, turis internasional, laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki, dan seseorang dengan kekebalan tubuh yang rendah," sebut CDC, dikutip Selasa (12/12/2023).


Ada beberapa gejala yang muncul akibat bakteri shigella, yakni demam, diare yang berkepanjangan hingga berdarah, kram atau nyeri perut yang parah, dan dehidrasi. Jika tidak segera ditangani, shigella dapat menyebabkan penyakit kronis hingga kematian.


"Risiko kematian akibat shigella sangat tinggi jika bakteri memasuki aliran darah. Anak-anak, penderita HIV, diabetes, kanker, dan penderita gizi buruk sangat rentan terinfeksi bakteri ini," tulis laporan BBC.


Menurut catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2022, 99 persen orang yang terinfeksi shigella berasal dari negara berpenghasilan rendah atau menengah.


Sementara itu, para ilmuwan dari International Vaccine Institute di Korea Selatan menunjukkan bahwa shigellosis terjadi 100 kali lebih umum di negara-negara Asia, seperti Bangladesh, China, Pakistan, Indonesia, Vietnam, dan Thailand.


Penyebab Tentara Israel Terjangkit Shigellosis


dr. Brosh mengatakan bahwa salah satu penyebab utama wabah shigellosis adalah makanan yang dimasak oleh warga sipil Israel untuk para pasukan IDF di Gaza. Menurut dr. Brosh, makanan tersebut kemungkinan besar telah terkontaminasi dengan shigella dan bakteri berbahaya lainnya.


Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa makanan-makanan tersebut tidak didinginkan selama perjalanan dan/atau tidak dipanaskan sebelum dikonsumsi. Akibatnya, para anggota IDF mengalami diare.


"Saat tentara mengalami diare, kondisi sanitasi buruk yang biasa terjadi di medan perang menyebabkan penularan dari orang ke orang," kata dr. Brosh.[SB]

×