Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Amerika-Inggris Berebut Satelit Raksasa RI

Desember 29, 2023 Last Updated 2023-12-29T02:06:56Z



Kementerian Komunikasi masih akan mengkaji lebih lanjut untuk melanjutkan kesuksesan proyek Satelit Republik Indonesia (Satria-1).


Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie mengatakan, Satria-2 masih dalam kajian lebih lanjut yang akan menjadi bagian dari kebutuhan bandwidth untuk masyarakat Indonesia.


Meski belum terlihat hilalnya sampai sekarang, namun sudah banyak negara yang menyatakan minatnya pada proyek satelit ini.


"Terus terang untuk Satria-2 ini udah banyak yang berminat, saya sebut aja negaranya Inggris, Prancis, Amerika juga berminat," ujarnya dalam program Your Money Your Vote di CNBC Indonesia. "Biar aja nanti kita (jadikan) beauty contest, mana yang terbaik dari sisi teknologi maupun waktu dan tentu saja harga yang kompetitif yang akan kita pilih," imbuhnya.


Ketika ditanya soal target, Budi mengatakan proyek tersebut masih dalam kajian. Nanti setelah Satria-1 beroperasi tahun depan akan digunakan sebagai bahan kajian untuk kebutuhan satelit Satria-2


"Kita perlunya berapa? misalnya ada yg bilang kita perlu 1 terabyte total, kan baru 150gigabyte yang Satria-1. Berapa satelit internet yang kita butuhkan bisa kita lihat," jelasnya.


Satria-1 sendiri akan mulai beroperasi dalam waktu dekat. Kabarnya, bersamaan dengan peresmian pengoperasian BTS 4G di Talaud, Bakti Kominfo juga menggelar seremoni pengoperasian Satria-1, besok Kamis (28/12/2023). [SB]

×