Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Akhirnya! AS Siap Dukung Resolusi PBB soal Gaza, tapi...

Desember 24, 2023 Last Updated 2023-12-23T22:36:18Z



Amerika Serikat (AS) telah menyatakan siap mendukung resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB untuk meningkatkan aliran pasokan kemanusiaan ke Gaza. Keputusan diambil setelah seminggu perundingan dan amendemen substansial, termasuk penghapusan seruan untuk "penangguhan segera permusuhan".


Pemungutan suara mengenai resolusi tersebut ditunda selama empat hari berturut-turut hingga Jumat, setelah negosiasi hingga larut malam. Namun duta besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield mengatakan AS dan negara-negara Arab telah menghasilkan versi amandemen yang dapat didukung oleh Washington.


"Kami siap memberikan suaranya. Dan ini adalah resolusi yang akan memberikan bantuan kemanusiaan kepada mereka yang membutuhkan," kata Thomas-Greenfield, seperti dikutip The Guardian, Jumat (22/12/2023).


"Hal ini akan mendukung prioritas Mesir dalam memastikan bahwa kami menerapkan mekanisme yang akan mendukung bantuan kemanusiaan, dan kami siap untuk bergerak maju," tambahnya.


Namun tidak jelas apakah anggota dewan lainnya, khususnya Rusia, akan menerima perubahan tersebut. Penundaan pemungutan suara hingga hari Jumat disepakati untuk memungkinkan misi PBB berkonsultasi dengan ibu kota mereka.


Dalam rancangan resolusi yang diubah, seruan untuk "penangguhan segera permusuhan" untuk memungkinkan bantuan kemanusiaan, telah dihapus, dan diganti dengan seruan untuk "langkah-langkah mendesak untuk segera memungkinkan akses kemanusiaan yang aman dan tanpa hambatan, dan juga untuk menciptakan kondisi bagi penghentian permusuhan yang berkelanjutan."


Sebuah bagian yang menyerukan kepada Sekjen PBB untuk membentuk sebuah mekanisme yang "secara eksklusif" bertanggung jawab memantau pengiriman bantuan telah diubah dan menyerukan penunjukan "koordinator senior kemanusiaan dan rekonstruksi" yang bertanggung jawab untuk "memfasilitasi, mengoordinasikan, memantau, dan memverifikasi di Gaza, jika diperlukan, sifat kemanusiaan dari semua kiriman bantuan kemanusiaan".


Koordinator ini, yang akan ditunjuk "secepatnya" seharusnya "menetapkan mekanisme PBB untuk mempercepat penyediaan kiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza" sambil berkonsultasi dengan "semua pihak terkait", yang terutama mengacu pada Israel.


Rancangan resolusi tersebut "menuntut pihak-pihak yang berkonflik untuk bekerja sama dengan koordinator untuk memenuhi mandat mereka tanpa penundaan atau hambatan".


Tidak jelas perbedaan apa yang akan dihasilkan oleh bahasa baru mengenai pengiriman bantuan kemanusiaan terhadap konvoi bantuan, namun Thomas-Greenfield membantah bahwa resolusi tersebut telah diperlunak.


"Rancangan resolusi tersebut adalah resolusi yang sangat kuat yang didukung penuh oleh kelompok Arab yang memberikan mereka apa yang mereka rasa diperlukan untuk mendapatkan bantuan kemanusiaan di lapangan," katanya.


Dalam perundingan minggu ini, AS berargumentasi bahwa kata-kata asli yang memberikan "kendali eksklusif" kepada PBB atas mekanisme pengiriman kemanusiaan yang akan berlangsung selama satu tahun, tidak fleksibel dan pada akhirnya dapat menghambat pengiriman pasokan darurat.


Penghapusan seruan penghentian permusuhan akan mengurangi tekanan internasional terhadap Israel, yang telah menolak tenggat waktu untuk menyelesaikan serangannya.


Begitu pula dengan pengeditan satu paragraf dalam resolusi asli yang "mengutuk dengan tegas semua pelanggaran hukum humaniter internasional, termasuk semua serangan tanpa pandang bulu terhadap warga sipil dan objek sipil, semua kekerasan dan permusuhan terhadap warga sipil, dan semua tindakan terorisme." [SB]


×