Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Belum Usai Pengembangan Kereta Whoosh hingga Surabaya, Kini Wacana Kereta Apung Viral, Cek faktanya

November 06, 2023 Last Updated 2023-11-06T08:00:21Z


 

Whoosh adalah nama yang diberikan untuk kereta api cepat Jakarta-Bandung yang mendapat inspirasi dari bunyi yang dihasilkannya.


Selain itu, Whoosh merupakan singkatan dari "Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat" dalam bahasa Indonesia.


Kereta cepat Whoosh, diketahui mampu mencapai kecepatan hingga 350 kilometer per jam dan menutup jarak sejauh 142 kilometer.


“Wuss, wusss, wusss, ya!” demikian kata-kata yang disuarakan melalui pengeras suara pada awal dan sesekali selama perjalanan kereta api cepat (HSR) Jakarta-Bandung, yang dianggap sebagai yang pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.


Berbicara soal kereta cepat Whoosh, Pemerintah saat ini kembali memiliki rencana untuk mengembangkan jaringan Whoosh ke Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia.


Hal ini guna melanjutkan kerja sama dengan Tiongkok tanpa perlu membuat penawaran baru untuk menerapkan teknologi kereta api yang sama di jalur Jakarta-Bandung.


Dilansir JawaPos.com dari channelnewsasia.com Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan menyampaikan di dalam sebuah postingan di Instagram pada Sabtu (28/10), bahwa Presiden Joko Widodo, berkeinginan agar keretanya diperpanjang dari Jakarta ke Surabaya.


Pada kesempatan terpisah, di negara Thailand sedang populer terkait Kereta Apung yang menjadi pembicaraan hangat di kalangan masyarakat.


Petualangan perjalanan kereta api semakin menjadi pilihan populer di Thailand, seiring dengan minat tinggi dari para wisatawan yang ingin merasakan pengalaman perjalanan yang terpencil, menjauh dari keramaian kota.


Mereka menikmati perjalanan kereta yang mengantarkan mereka ke tempat-tempat yang tenang, seperti kuil-kuil bersejarah yang indah dan pantai-pantai yang menakjubkan.


Kombinasi antara perjalanan kereta yang nyaman dan eksplorasi destinasi wisata yang unik membuat pengalaman ini semakin menarik bagi para pelancong.


Pada Sabtu (4/11), Kereta Api Negara Bangkok di Thailand memulai layanan menuju Bendungan Pasak Jolasid, yang juga dikenal sebagai "Rot Fai Loi Nam," untuk menandai akhir musim hujan.


Program 'Rod Fai Loi Nam' telah diperkenalkan oleh Kereta Api Negara Thailand, yang memungkinkan perjalanan satu hari ke Bendungan Pasak Jolasid di Lop Buri.


Waduk ini adalah bendungan dengan tanggul tanah liat terpanjang di negara ini, dan kereta api ini adalah salah satu jenis yang mengelilingi tepian bendungan tersebut.


Ketika waduk penuh, terutama pada akhir musim hujan, jalur rel sebagian besar berada di bawah permukaan air.


Saat kereta melewati wilayah tersebut, kesan yang diberikan adalah seolah-olah kereta melayang di atas permukaan air, dan itulah makna dari istilah "Rod Fai Loi Nam".


Perjalanan ini diadakan setiap akhir pekan hingga bulan Januari, dimulai pada hari Sabtu, kecuali tanggal 5, serta pada tanggal 26-27 Desember dan 2-3 Januari.


Tiket pergi-pulang untuk kursi kelas tiga memiliki harga 290 baht setara Rp127.209, sementara tiket kelas dua di gerbong ber-AC seharga 490 baht setara Rp214.295.


Selain itu, pilihan ini juga dapat dimanfaatkan oleh kelompok tur yang ingin menggunakan kereta secara pribadi.


Harganya dimulai dari 34.000 baht setara Rp14.899.567 untuk kelompok dengan 20 penumpang dan dapat mencapai 51.400 baht setara Rp22.524.004 untuk kelompok dengan 110 penumpang.


Ada juga pilihan gerbong VIP yang dilengkapi fasilitas pertemuan, tersedia untuk kelompok dengan 8 hingga 30 penumpang dengan harga 40.000 baht setara Rp17.540.072.[SB]

×