Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Viral! Kisah Pilu Dima Al-Lamdani Kehilangan 13 Anggota Keluarga yang Syahid Dibom Israel

Oktober 25, 2023 Last Updated 2023-10-25T00:25:59Z


Seorang remaja putri asal Palestina Dima Al-Lamdani harus kehilangan 13 anggota keluarganya dalam serangan udara Israel di kamp pengungsi Beach di Kota Gaza.


Sebelum serangan udara dilancarkan, tentara Israel menyuruh warga Palestina di kamp pengungsi Beach di Kota Gaza untuk melarikan diri ke selatan karena lebih aman.


Dima Al-Lamdani yang berusia 18 tahun berdoa agar keluarganya lolos dari serangan udara yang tiada henti yang dilakukan tentara Israel.


Namun beberapa hari kemudian, Dima Al-Lamdani harus mengidentifikasi jenazah kerabatnya di kamar mayat darurat di kota selatan Khan Younis, Gaza Selatan.


Dia mengatakan telah kehilangan orang tuanya, tujuh saudara kandung dan empat anggota keluarga pamannya dalam serangan udara Israel.


“ Mereka meminta kami untuk mengevakuasi tempat Anda dan pergi ke Khan Younis karena aman. Mereka mengkhianati dan mengebom kami,” kata Dima Al-Lamdani.


Dima Al-Lamdani mengatakan keluarganya dan pamannya melakukan perjalanan dengan dua mobil melintasi Gaza pada saat menghadapi pemboman terberat setelah kelompok militan Palestina Hamas melancarkan serangan ke Israel pada 7 Oktober yang menewaskan sekitar 1.400 orang dan menyandera lebih dari 200 orang.


Keluarga Dima Al-Lamdani tinggal di tempat penampungan sementara di Khan Younis, Gaza Selatan.


“ Pada jam 4.30 pagi saya bangun dan duduk bersama bibi saya sambil minum kopi. Tiba-tiba saya terbangun di tengah reruntuhan. Semua orang di sekitarku berteriak, jadi aku ikut berteriak,” kata Dima Al-Lamdani.


Dima Al-Lamdani, yang sisi wajahnya tergores dan memar, mengatakan setelah mencari anggota keluarganya di kamar mayat pada 17 Oktober, hanya saudara laki-lakinya dan dua sepupu mudanya yang selamat.


“ Ini adalah mimpi buruk. Itu tidak akan pernah terhapus dari ingatan saya sampai saya mati,” katanya. 


“ Saya punya saudara perempuan berusia 16 tahun. Mereka menulis nama saya di kain putih tempat mereka membungkus tubuhnya, mereka mengira itu saya.”


Lebih dari 1.400 orang telah terbunuh di Israel sejak perang dimulai, sebagian besar warga sipil tewas dalam serangan awal Hamas. 


Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas di Gaza mengatakan lebih dari 4.300 warga Palestina telah terbunuh.


Kementerian Kesehatan Palestina di Tepi Barat mengatakan 91 warga Palestina telah terbunuh di sana sejak 7 Oktober.


Pada sisa tahun menjelang serangan Hamas, 197 warga Palestina terbunuh, menurut hitungan Associated Press.


Selain penggerebekan tersebut, warga Palestina telah terbunuh dalam protes kekerasan anti-Israel dan dalam beberapa kasus dalam serangan yang dilakukan oleh pemukim Yahudi.


Israel melakukan tindakan keras terhadap wilayah tersebut segera setelah serangan Hamas, menutup penyeberangan dan pos pemeriksaan antar kota-kota Palestina. 


Israel mengatakan pasukannya telah menahan lebih dari 700 tersangka di Tepi Barat, termasuk 480 anggota Hamas, sejak dimulainya permusuhan.


Dimulainya kembali serangan udara Israel yang dalam operasi bulan Juli di Jenin mencapai tingkat intensitas yang belum pernah terlihat sejak pemberontakan Palestina melawan Israel dua dekade lalu menunjukkan adanya perubahan dalam taktik militer.


Militer menggambarkan Masjid Al-Ansar di Jenin sebagai kompleks militan milik Hamas dan Jihad Islam, kelompok militan Palestina yang lebih kecil dan radikal. 


Dikatakan bahwa para militan telah melakukan beberapa serangan dalam beberapa bulan terakhir dan merencanakan serangan lain dalam waktu dekat.


Kekerasan yang semakin intensif terjadi setelah lebih dari satu tahun meningkatnya penggerebekan dan penangkapan di Tepi Barat dan serangan mematikan Palestina terhadap warga Israel.


Israel merebut Tepi Barat, bersama dengan Gaza dan Yerusalem timur, dalam perang tahun 1967. 


Palestina menginginkan ketiga wilayah tersebut untuk menjadi negara mereka di masa depan. 


Lebih dari 500.000 warga Israel tinggal di permukiman di Tepi Barat yang dianggap ilegal oleh sebagian besar komunitas internasional.


Sementara lebih dari 2,5 juta warga Palestina di wilayah tersebut hidup di bawah kekuasaan militer Israel.[SB]

 

×