Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Isu Khofifah Cawapres Prabowo, Cak Imin Klaim Jatim Tetap Kandang PKB

Oktober 14, 2023 Last Updated 2023-10-14T00:39:59Z


 

Ketua Umum PKB sekaligus bakal calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengklaim kawasan Jawa Timur masih menjadi 'kandang' kekuatan partainya di Pilpres 2024.

Hal ini disampaikan Cak Imin merespons langkah Demokrat yang mengusulkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai bakal cawapres Prabowo Subianto. Sementara itu, Cak Imin dan Khofifah berasal dari partai yang sama.


"Tapi yang penting dalam sejarah perjuangan Pilpres PKB, Jatim selalu jadi kandang kekuatan utama PKB," kata Cak Imin di halaman Masjid Al Ittihad, Tebet, Jakarta, Jumat (13/10).


Cak Imin menegaskan tak gentar untuk melawan para pesaingnya di Pilpres 2024 mendatang.


Ia pun tak khawatir bila Khofifah kerap dianggap sebagai ancaman menggerus suara untuk dia dan Anies di Jawa Timur. Ia menegaskan PKB di Jatim tetap solid.


"Ya nanti kita buktikan aja bahwa PKB solid," kata dia.


Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengusulkan Khofifah sebagai bakal cawapres untuk mendampingi Prabowo di Pilpres 2024.


Usulan itu AHY sampaikan saat memimpin Rapat Pleno Pengurus DPP di Aula Yudhoyono DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Jumat (13/10) siang. Meski begitu, AHY menegaskan keputusan bacawapres merupakan wewenang mutlak Prabowo.


"Demokrat tidak mengusulkan kader utamanya. Tapi, kita kemudian menyampaikan, baik juga untuk dipikirkan, nama Bu Khofifah, Gubernur Jawa Timur, dengan sejumlah faktor dan pertimbangan," kata AHY dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/10).


Prabowo juga telah mengungkap nama bakal calon wakil presidennya telah mengerucut ke empat nama. Ia menyebut para bakal cawapresnya itu berasal dari berbagai latar belakang daerah.


"Malam hari ini sudah mengerucut menjadi empat nama, yang bisa saya sampaikan satu calon dari luar Jawa, satu dari Jawa Barat, satu dari Jawa Tengah, satu dari Jawa Timur," kata Prabowo dalam konferensi pers usai pertemuan dengan ketua umum parpol koalisi di Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Jumat (13/10).[SB]

×